Liga Inggris

Kerap Disamakan, Christian Pulisic Ternyata Lebih Jago dari Hazard

Selasa, 7 Juli 2020 13:46 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Adrian Dennis/Pool via Getty Images
Kerap disamakan karena atribut keduanya, Christian Pulisic ternyata lebih jago dari Eden Hazard di musim perdananya bersama Chelsea di Liga Inggris. Copyright: © Adrian Dennis/Pool via Getty Images
Kerap disamakan karena atribut keduanya, Christian Pulisic ternyata lebih jago dari Eden Hazard di musim perdananya bersama Chelsea di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM – Permainan ciamik Chelsea memunculkan banyak pujian yang mengalir kepada sosok Christian Pulisic. Winger muda The Blues ini bahkan dipuji sebagai reinkarnasi Eden Hazard di klub asal London Barat tersebut.

Sejak Liga Inggris 2019/20 bergulir kembali, Pulisic menjadi instrumen penting dalam permainan Chelsea. Ia menunjukkan performa terbaiknya dalam beberapa laga terakhir kendati di awal musim sempat kesulitan beradaptasi.

Hal ini menimbulkan banyak reaksi seperti pujian. Bahkan berkat performa apiknya, Pulisic sempat disanding-sandingkan dengan Hazard yang dianggap legenda setelah membela Chelsea selama tujuh musim.

Jika menilik dari posisi yang dimainkan keduanya, baik Pulisic dan Hazard memainkan peran yang sama dalam formasi Chelsea. Keduanya beroperasi di lini sayap kiri dan bertugas membuka ruang serta mengeksploitasi pertahanan lawan.

Lalu banyak pertanyaan mengemuka. Siapakah yang terbaik di antara keduanya? Jika ditelusuri, ternyata Christian Pulisic bisa dianggap lebih baik dari Eden Hazard. Hal ini terlihat dari catatan keduanya di musim perdananya bersama Chelsea.

Baik Pulisic dan Hazard menjalani musim perdananya di Chelsea saat berusia 21 tahun. Dalam 20 pertandingan di Liga Inggris, keduanya sama-sama menampilkan performa apik. Tapi, winger asal Amerika Serikat ini ternyata unggul dari megabintang milik Real Madrid tersebut.

Dalam 20 laga perdananya di Liga Inggris, Pulisic menjadi starter sebanyak 15 kali dengan total 1380 menit bermain. Tujuh gol dan dua assist mampu dicetaknya sejauh ini dan berhasil menciptakan peluang sebanyak 23 kali.

Sedangkan Hazard di 20 pertandingan pertamanya di Liga Inggris bersama Chelsea bermain 18 kali sebagai starter dengan total 1527 menit bermain. Empat gol dan enam assist mampu ditorehkannya sembari menciptakan peluang sebanyak 39 kali.

Secara efektivitas, Pulisic tentu lebih unggul dalam perihal ketajaman did depan gawang. Namun secara kreatifitas, Hazard lebih unggul dengan peluang yang ia ciptakan dan pelanggaran yang ia dapatkan berkat kejeliannya membongkar pertahanan.

Meski begitu, Christian Pulisic harus lebih tajam lagi dan mampu menjadi tulang punggung Chelsea untuk bisa disandingkan dengan Eden Hazard. Apalagi melihat torehan pria asal Belgia tersebut bersama The Blues yang berhasil mencetak 110 gol dan 92 assist dan meraih enam gelar bergengsi.