Liga Indonesia

Penuh Makna, SPFA Berikan Nama Timnas Legenda di Tiap Kelompok Usia

Kamis, 9 Juli 2020 09:15 WIB
Penulis: Ronald Seger Prabowo | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram
Dirtek Safin Pati Football Academy (SPFA), Rudy Eka Priyambada,  merekrut pelatih Kas Hartadi. Copyright: © Instagram
Dirtek Safin Pati Football Academy (SPFA), Rudy Eka Priyambada, merekrut pelatih Kas Hartadi.

INDOSPORT.COM - Safin Pati Football Academy (SPFA) mulai menjalani tahun ajaran baru, termasuk agenda latihan, Senin (6/7/20). Lima kelompok usia langsung menjalani sesi latihan dengan pelatih kepala masing-masing.

Ada pun pelatih kepala di SPFA yaitu Kas Hartadi, Ibnu Grahan, Hidayat, plus Kurnia Sandy yang mengemban peran sebagai kepala pelatih kiper.

Uniknya, SPFA melalui CEO sekaligus Direktur Teknik (Dirtek), Rudy Eka Priyambada, memberikan nama untuk masing-masing kelompok. Nama-nama itu penuh makna karena diambil dari timnas legendaris yang pernah eksis di Indonesia.

Nama kelompok bikinan Rudy Eka antara lain SPFA Garuda untuk U-17, SPFA Harimau (U-15), SPFA Binatama (U-13), SPFA Banteng (U-11), serta SPFA Primavera (U-9).

"Untuk mengenang dan bisa mengulang masa kejayaan sepak bola Indonesia di zamannya, Safin Pati izin memberikan nama kelompok umur sesuai nama legenda sepak bola Indonesia. Semoga bisa mengulang kembali masa-masa keemasan di eranya," kata Rudy Eka Priyambada.

Dikutip dari berbagai sumber, jika menilik ke belakang, tahun 1970, Ketua Umum PSSI Kardono membentuk Timnas Garuda II, untuk tim junior. Garuda sebagai lambang NKRI tak salah dipilih sebagai julukan.

Memasuki 1976 PSSI punya dua timnas berbeda, yaitu PSSI Garuda dengan manajer TD Pardede dan PSSI Harimau dengan manajer MF Hutasoit.

Sementara Timnas PSSI Binatama merupakan pemain timnas dengan yang rata-rata berusia 19 tahun pada 1979. Lalu, PSSI Primavera diketahui sebagai proyek timnas U-19 edisi 1993 yang para pemainnya mendapatkan kesempatan menjajal atmosfer kompetisi Eropa di level senior.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%