Liga Indonesia

On This Day: Duo Brasil Bawa PSS Sleman Hancurkan Persik Kediri

Selasa, 14 Juli 2020 08:42 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Lanjar Wiratri
© pss-sleman.co.id
PSS sejatinya sudah menunjukkan taringnya di kasta tertinggi, awal-awal 2000-an, termasuk saat berhasil menghancurkan Persik Kediri 14 tahun silam. Copyright: © pss-sleman.co.id
PSS sejatinya sudah menunjukkan taringnya di kasta tertinggi, awal-awal 2000-an, termasuk saat berhasil menghancurkan Persik Kediri 14 tahun silam.

INDOSPORT.COM - Sudah dua musim ini PSS Sleman bertarung di kompetisi Liga 1 setelah juara Liga 2 pada 2018 silam. Namun jauh sebelum itu, PSS sejatinya sudah menunjukkan taringnya di kasta tertinggi, awal-awal 2000-an, termasuk saat berhasil menghancurkan Persik Kediri 14 tahun silam.

Termasuk di pentas Divisi Utama musim 2004 yang disebut-sebut salah satu musim terbaik bersama pelatih kawakan Daniel Roekito.

Tepat 17 tahun yang lalu atau 14 Juli 2004, PSS menjalani salah satu laga yang tak terlupakan kala menghajar Persik Kediri, 3-0 di Stadion Tridadi. Persik bukan tim sembarangan, mengingat skuat asuhan Jaya Hartono merupakan juara bertahan edisi sebelumnya.

Laga yang disaksikan belasan ribu penonton itu jadi panggung aksi duo Brasil PSS yakni Alexandro "Lexe" Dos Santos dan Marcello Braga. Keduanya jadi bintang dalam pertandingan tersebut.

Lexe membuka pesta gol menit ke-21 setelah melepas tendangan akurat yang mengecoh kiper Persik, Ngadiono. Skor 1-0 itu bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, giliran Marcello Braga yang menunjukkan aksinya. Dia mampu memborong dua gol masing-masing menit ke-66 dan penalti menit ke-83. Kemenangan itu juga membuat PSS semakin nyaman di papan atas.

Sementara di akhir musim, PSS Sleman mampu finish di papan atas atau peringkat keempat dengan 53 poin dengan Persebaya Surabaya sebagai juara. PSS mampu duduk di atas tim-tim besar lainnya seperti Persib Bandung, Persik Kediri, Persita Tangerang, maupun PSIS Semarang.