Liga Indonesia

Sebelum Mulai TC Timnas U-16, Bima Sakti Dapat Mandat dari Shin Tae-yong

Rabu, 15 Juli 2020 16:19 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mengaku sudah mendapat mandat penuh dari Shin Tae-yong dalam menggelar pemusatan latihan. Bima mengaku mendapat masukan terkait peningkatan fisik terhadap anak asuhnya.

Timnas Indonesia U-16 memang sudah melakukan pemusatan latihan. Skuat Garuda Muda sudah lebih dari sepekan melakukan latihan di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi untuk persiapan Piala Asia U-16 2020.

Timnas Indonesia U-16 pun menjadi tim pertama yang melakukan pemusatan latihan secara langsung di lapangan. Sebab Timnas kategori umur lain belum melakukan pemusatan latihan di lapangan dan hanya secara virtual.

Sebelum menggelar pemusatan latihan, Bima Sakti memang sudah berkomunikasi dengan Shin Tae-yong. Namun dari komunikasi tersebut Shin memberikan lampu hijau terhadap Bima untuk memimpin langsung pemusatan latihan tersebut.

"Kemarin kita di bulan Maret sempat bertemu dengan coach Shin Tae-yong. Kita ketemu bareng semua staff dan pelatih. Beliau (Shin Tae-yong) bilang ke saya suruh jalan terkait pemberian materi," buka Bima.

"Beliau juga memberikan izin juga kalau mau melihat latihan Timnas U-19 dan Senior. Serta kalau buat fisik saya dipesilahkan melihat dan berdiskusi juga dengan staf pelatih fisik dia," jelas Bima.

Namun meski mendapat pesan terkait hal itu, Bima tidak ada kewajiban memberikan laporan perkembangan kepada Shin Tae-yong. Baginya ia memberikan laporan kepada Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

"Untuk laporan gak ada laporan khusus ke Shin Tae-yong. Kita hanya melaporkan ke Direktur Teknik PSSI, coach Indra Sjafri," punkasnya.

Sekadar informasi, pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 oleh Bima Sakti ini nantinya untuk persiapan menghadapi Piala Asia U-16 2020. Indonesia sendiri berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China.