Liga Indonesia

Klub Liga 1 Akan Rapat Virtual dengan LIB, Persiraja Kembali Singgung Subsidi

Kamis, 16 Juli 2020 09:56 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Isman Fadil
© Media Persiraja
Persiraja Banda Aceh berfoto jelang melawan Persik Kediri di Liga 1 2020. Copyright: © Media Persiraja
Persiraja Banda Aceh berfoto jelang melawan Persik Kediri di Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Klub-klub Liga 1 2020 akan melakukan rapat virtual dengan pihak operator kompetisi, PT. Liga Indonesia Baru (LIB), Jumat (17/07/20) esok.

Rapat itu diyakini untuk membahas tentang menjelang kelanjutan kompetisi kasta tertinggi Indonesia tersebut yang akan kick off kembali pada 1 Oktober mendatang, serta terkait wacana LIB yang akan menggelar workshop kesehatan Covid-19 dan agenda managers metting.

Sebelum membahas agenda tersebut, klub promosi Liga 1 2020, Persiraja Banda Aceh, kembali singgung soal dana talangan atau subsidi kepada klub. Sebab sejauh ini klub-klub Liga 1 baru menerima subsidi dua termin (masing-masing termin Rp520 juta).

"Dalam rapat besok kita akan singung soal Subsidi. Sebab di rapat virtual dengan dengan Ketum PSSI lalu bahwa klub-klub Liga 1 bakal dapat subsidi Rp800 juta tiap terminnya," kata Sekum Persiraja, Rahmat Djailani, kepada INDOSPORT.com, Rabu (15/07/20).

Dengan rencana klub-klub Liga 1 yang berada di luar Pulau Jawa bakal bermarkas di Yogyakarta dan seluruh laga nantinya dihelat di Pulau Jawa, lanjut Rahmat, pihaknya menilai subsidi Rp800 juta tersebut masih kurang.

"Karena kami bakal bermarkas di Yogyakarta dan seluruh laga Liga 1 digelar di Jawa, maka cukup riskan jika subsidinya di angka Rp800 juta (perteminnya)," ungkap Rahmat.

"Menurut kami angka tersebut dinaikkan minimal Rp1,2 miliar. Alasannya pastinya tentu selama kami di sana (Jawa) nanti tentu dana operasional klub pasti membengkak," tambahnya.

Selain itu, tambah Rahmat, pihaknya juga menagih janji Ketum PSSI sebelumnya bahwa klub-klub Liga 1 luar pulau Jawa yang bermarkas di Yogyakarta, akan diberikan fasilitas penginapan gratis.

"Selain hotel gratis, kami juga ingin nantinya stadion home base kami jangan sewa, difasilitasi lapangan latihan dan transportasi bus, serta biaya cek kesehatan Covid-19 ditanggung oleh LIB," pungkas Rahmat.

Sebagai informasi, Liga 1 musim ini akan lanjut setelah sebelumnya sempat dihentikan sementara sejak Maret lalu karena dampak pandemi Covid-19 di Indonesia.

Berdasarkan surat PT. LIB beberapa waktu lalu, mereka menetapkan bahwa Liga 1 akan lanjut kembali dari pekan keempat sampai pekan terakhir atau finis pada 28 Februari 2021 mendatang