Liga Indonesia

PSM vs Persebaya di 17 Juli 2019: Irfan Jaya Cetak Gol, Ferdinand Sinaga Jadi Supersub

Jumat, 17 Juli 2020 19:04 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Media PSM Makassar
Pada tanggal 17 Juli 2019, duel PSM Makassar melawan Persebaya Surabaya diwarnai dengan sebuah gol dari Irfan Jaya dan Ferdinand Sinaga menjadi supersub. Copyright: © Media PSM Makassar
Pada tanggal 17 Juli 2019, duel PSM Makassar melawan Persebaya Surabaya diwarnai dengan sebuah gol dari Irfan Jaya dan Ferdinand Sinaga menjadi supersub.

INDOSPORT.COM - Pada tanggal 17 Juli 2019, duel PSM Makassar melawan Persebaya Surabaya diwarnai dengan sebuah gol dari Irfan Jaya dan Ferdinand Sinaga menjadi supersub.

Duel dua klub legendaris Indonesia tersebut terjadi di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, dalam lanjutan pekan kesembilan Liga 1 2019, Rabu (17/07/19), malam.

Adapun duel PSM vs Persebaya yang disaksikan sebanyak 10.930 pasang mata dan dipimpin oleh wasit Nurur Fadilah berhasil dimenangkan oleh kubu tuan rumah dengan skor tipis 2-1.

Armada Darije Kalezic membuka skor kala laga telah memasuki menit ke-18 lewat sundulan kepala penyerang naturalisasi asal Kamerun, Guy Junior.

Penyerang yang kini memperkuat Borneo FC tersebut sukses menyambut umpan manja Wiljan Pluim dengan menempatkan bola ke sisi kiri gawang Miswar Saputra.

Gol tersebut menjadi kreasi kedua Guy Junior di ajang Liga 1 2019, adapun korban pertamanya ialah gawang Perseru Badak Lampung yang dibobol di pekan kedua.

Di saat para suporter tuan rumah bakal merayakan keunggulan 1-0 di masa rehat babak pertama, Persebaya Surabaya menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-41.

Bahkan, suporter tuan rumah dibuat semakin terdiam sebab sang pencetak gol ialah Irfan Jaya, putra daerah Sulawesi Selatan sekaligus jebolan Tim Junior PSM Makassar.

Pria asal Kabupaten Bantaeng tersebut memperdayai Hilmansyah lewat sepakan jarak dekat setelah menerima umpan datar dari tandemnya, Manu Dzhalilov.

Tak ada perayaan gol yang begitu heboh melainkan selebrasi dingin sembari meminta maaf ditunjukkan oleh pesepak bola bernomor punggung 41 tersebut.

Tertahan di paruh pertama, pelatih Darije Kalezic langsung merubah strategi dengan mamasukkan Ferdinand Sinaga untuk mengganti Bayu Gatra di sektor penyerangan PSM Makassar.

Ramuan Darije Kalezic pun sangat manjur setelah pesepak bola berjuluk The Dragon tersebut menjalankan perannya sebagai supersub pada laga tersebut.

Pemain terbaik Indonesia Super League (ISL) 2014 itu mencetak gol di menit ke-68 melalui sundulan kepala setelah mendapatkan suplai dari crossing M Rahmat dari sisi kiri.

Dengan kelihaiannya, The Dragon mencari celah kosong di antara jepitan Otavio Dutra dan Novan Setya sebelum melepas placing header ke pojok kanan atas gawang Miswar Saputra.

Duel PSM Makassar vs Persebaya Surabaya yang ditandai oleh gol Irfan Jaya di Mattoangin dan keberhasilan Ferdinand Sinaga menjalankan peran sebagai supersub pun berakhir dengan skor 2-1.

Susunan Pemain:

PSM Makassar (4-3-3): Hilmansyah 97; Asnawi Bahar 14, Abdul Rahman 28, Aaron Evans 2, Beny Wahyudi 32; Marc Klok 10, M Arfan 48/Rizky Pellu 19 (72'), Willjan Pluim 80 (c); Bayu Gatra 23/Ferdinand Sinaga 6 (46'), Guy Junior 39, M Rahmat 11/Rasyid Bakri 17 (85').
Pelatih: Darije Kalezic.

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra 33; M Syaifuddin 29, Otavio Dutra 5 (c), Rachmat Irianto 13, Novan Setya 2; Misbakus Solikin 6/Fandi Utomo 27 (79'), M Hidayat 96, Damian Lizio 10/Rendi Irwan 12 (83'); Irfan Jaya 41, Amido Balde 9, Manu Dzhalilov 63/Osvaldo Haay 20 (72').
Pelatih: Djadjang Nurdjaman.