Liga Inggris

Leeds United dan Rivalitas Manchester United yang Siap Panaskan Liga Inggris

Sabtu, 18 Juli 2020 10:38 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Shaun Botterill/Getty Images
Alan Smith dan Rio Ferdinand dalam laga Leeds United vs Manchester United Copyright: © Shaun Botterill/Getty Images
Alan Smith dan Rio Ferdinand dalam laga Leeds United vs Manchester United

INDOSPORT.COMLeeds United dipastikan mendapatkan tiket promosi ke kasta teratas Liga Inggris musim depan. Mereka pun bakal menjalani rivalitas panas dengan Manchester United.

Kepastian promosi Leeds United tercipta setelah pesaing utama mereka, West Bromwich Albion, menelan kekalahan 1-2 dari Huddersfield pada pekan ke-45 Divisi Championship 2019/20.

Kekalahan West Bromwich itu membuat poin Leeds United yang belum memainkan pertandingan pekan ke-45, tak mungkin lagi bisa dikejar oleh tim manapun.

Sekedar informasi tambahan, dengan keunggulan satu laga, Leeds United kini memiliki 87 poin. Mereka unggul lima angka dari West Bromwich (82 poin).

Buat Leeds United sendiri, keberhasilan mereka promosi ke kasta utama Liga Inggris musim ini menjadi sangat spesial, setelah musim lalu membuang percuma kesempatan promosi lantaran lebih memilih bersikap fair play, membiarkan lawannya mencetak gol.

Saat itu bertanding pada pekan ke-45 melawan Aston Villa, pelatih Leeds United membiarkan lawannya mencetak gol ke gawang mereka.

Demi menegakkan sikap fair play, karena sebelumnya pemain Leeds United diangap mencetak gol saat semestinya memberikan bola fair play ke kubu Aston Villa.

Pertandingan yang berujung imbang 1-1 itu membuat Leeds gagal lolos otomatis promosi ke kasta utama Liga Inggris 2019/20.

Atas sikapnya itu, Leeds United memang akhirnya gagal promosi ke kasta utama Liga Inggris musim ini. Namun mereka mendapatkan pujian luar biasa hingga dianugerahi FIFA Fair Play Award 2019.

Permainan adil yang mereka perlihatkan pada musim lalu itu akhirnya berbuah manis saat ini. Kini mereka bisa melepas kerinduan dengan rival abadi mereka di Liga Inggris, yakni Manchester United.