Liga Inggris

Leeds United, Calon Klub Promosi Liga Inggris yang Berisi Perpaduan Chelsea dan Real Madrid

Selasa, 14 Juli 2020 19:27 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Alex Dodd - CameraSport via Getty Images
Leeds United, calon klub promosi Liga Inggris ini memiliki kekuatan yang berisikan perpaduan Argentina, Chelsea, dan Real Madrid. Copyright: © Alex Dodd - CameraSport via Getty Images
Leeds United, calon klub promosi Liga Inggris ini memiliki kekuatan yang berisikan perpaduan Argentina, Chelsea, dan Real Madrid.

INDOSPORT. COM - Leeds United, calon klub promosi Liga Inggris ini memiliki kekuatan yang berisikan perpaduan Argentina, Chelsea, dan Real Madrid.

Nama Leeds United sejatinya sudah tak asing lagi dalam peta persaingan Liga Inggris. Setidaknya pada periode akhir 1990-an sampai awal milenium, kiprah Leeds United di Liga Inggris merupakan salah satu tim raksasa.

Lima musim beruntun, 1997/98-2001/02, Leeds United selalu berhasil menghiasi lima besar papan atas. Bahkan pada musim 2000/01, Leeds United mampu menembus babak semifinal Liga Champions.

Namun sebuah musibah besar datang melanda Leeds United pada musim 2003/04. Leeds United gagal menyelamatkan diri dari jurang degradasi.

Mirisnya, Leeds United sampai sekarang belum bisa promosi lagi ke kasta tertinggi. Meski begitu, peluang promosi kini terbuka lebar, mengingat sampai pekan ke-43 kasta kedua Liga Inggris atau Divisi Championship, Leeds United bercokol sebagai pemuncak klasemen.

Andai Leeds United mampu mempertahankan posisinya dalam tiga laga sisa kompetisi, tiket promosi otomatis jelas berhak dimiliki. Jika benar terwujud, Leeds United musim depan bakal kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris setelah 16 tahun absen.

Sembari menanti pesta promosi Leeds United, ada baiknya kita lebih dulu menengok kekuatan mereka. Leeds United sepanjang musim 2019/20 mengandalkan kekuatan yang berisi perpaduan Argentina, Chelsea, dan Real Madrid.

Argentina

© Getty Images
Marcelo Bielsa, pelatih Leeds United. Copyright: Getty ImagesMarcelo Bielsa, pelatih Leeds United.

Kekuatan Leeds United yang berbau Argentina muncul berkat sosok sang pelatih, Marcelo Bielsa. Latar belakang karier kepelatihan Bielsa memang lekat terhadap unsur Argentina, baik dari segi kebangsaan maupun pengalaman sepak bolanya.

Bielsa memang berasal dari Argentina. Sebelum terjun ke jagat kepelatihan, Bielsa juga lama menghiasi Liga Argentina sebagai pemain, membela sejumlah klub seperti Newell's Old Boys, Instituto AC Cordoba, dan CA Argentino.

Setelah pensiun pada 1980, barulah Bielsa alih profesi menjadi pelatih. Ia memulai karier kepelatihannya bersama mantan klubnya, Newell's Old Boys.

Lebih jauh, pada 20 Oktober 1998, Bielsa dipercaya menukangi Timnas Argentina. Bielsa adalah pelatih yang membawa Timnas Argentina melaju ke gelaran Piala Dunia 2002 serta membantu memberikan prestasi medali emas Olimpiade 2004.

Segala pengalaman panjang Bielsa yang kental akan kultur sepak bola Argentina, lantas ditularkan kepada tim besutannya saat ini, Leeds United. Sepanjang musim 2019/20, Bielsa mengusung strategi andalannya 4-1-4-1 yang mana menghasilkan 25 kemenangan, sembilan imbang, dan sembilan kalah, dari 43 laga di Divisi Championship.

Kunci dari strategi Bielsa terletak pada keseimbangan permainan, baik dalam menyerang maupun bertahan. Buktinya, Leeds United kini meraih label sebagai tim yang paling sedikit kebobolan (34 gol) dan tim nomor tiga terkait produktivitas mencetak gol (69 gol).

IDS Emoticon Suka
Suka
32%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
5%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
32%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
32%