Liga Indonesia

Menpora Minta Suporter Tunjukkan Fanatisme Secara Elegan di Piala Dunia U-20

Sabtu, 18 Juli 2020 18:43 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali meminta seluruh elemen suporter di Indonesia untuk turut menyukseskan gelaran Piala Dunia U-20 2021. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali meminta seluruh elemen suporter di Indonesia untuk turut menyukseskan gelaran Piala Dunia U-20 2021.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali meminta seluruh elemen suporter di Indonesia untuk turut menyukseskan gelaran Piala Dunia U-20 tahun depan.

Zainudin Amali menyampaikan pesan penting saat menutup kegiatan pelatihan manajemen suporter pada, Jumat (17/07/20). Menpora mengatakan salah satu elemen penting dalam menyukseskan gelaran akbar ini yakni manajemen suporter.

"Suporter memiliki peran besar terhadap sepak bola Indonesia, apalagi akan menghadapi Piala Dunia U-20 2021 dimana Indonesia akan menjadi tuan rumah. Di Piala Dunia U-20 2021 nanti, suporter menjadi bagian yang penting," ujar Zainudin Amali dilansir dari Antara.

Sepak bola Indonesia yang dikenal dengan suporter fanatiknya memiliki dua sisi yang bersinggungan. Di satu sisi, apabila manajemen suporter bisa dikelola dengan baik maka akan menjadi sebuah kekuatan besar bagi Indonesia.

Sebaliknya, jika tak dikelola dengan baik, maka kefanatikan yang terakumulasi dalam semangat negatif bakal membuat citra pesepakbolaan di Indonesia dipandang sebelah mata.

"Saya berharap suporter bola bisa menunjukkan faatismenya secara elegan dan sesuai ketentuan FIFA. Tentunya dengan catatan kita berharap di tahun depan kondisi virus corona sudah membaik sehingga laga Piala Dunia bisa disaksikan langsung suporter," sambungnya lagi.

Menpora Zainudin Amali juga menjelaskan perkembangan sepak bola di Indonesia dipantau oleh FIFA. Indonesia dianggap menjadi salah satu negara yang sangat serius untuk membangun sepak bolanya.

Kini Indonesia tengah bersiap untuk menyambut ajang Piala Dunia U-20 yang rencananya akan dilangsungkan pada 20 Mei - 11 Juni 2021.