In-depth

Dipinjam PSMS, Ferdinand Sinaga Tinggalkan PSM Kali Ketiga

Senin, 20 Juli 2020 20:10 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Media PSM Makassar
Penyerang berusia 31 tahun, Ferdinand Alfred Sinaga, bakal meninggalkan klub Liga 1 PSM Makassar untuk kali ketiga dalam kurun waktu enam tahun terakhir. Copyright: © Media PSM Makassar
Penyerang berusia 31 tahun, Ferdinand Alfred Sinaga, bakal meninggalkan klub Liga 1 PSM Makassar untuk kali ketiga dalam kurun waktu enam tahun terakhir.

INDOSPORT.COM - Penyerang berusia 31 tahun, Ferdinand Alfred Sinaga, bakal meninggalkan klub Liga 1 PSM Makassar untuk kali ketiga dalam kurun waktu enam tahun terakhir setelah dirinya bakal dipinjam oleh PSMS Medan.

Penyerang berjuluk The Dragon tersebut diisukan bakal menerima tawaran Ayam Kinantan untuk berlaga diajang Liga 2 2020 nanti dan telah berada di Medan sejak Minggu (19/07/20) malam.

"Benar, dia telah tiba di Medan setelah kita jemput dari Bandara Kualanamu. Ini kita sedang jamu dia makan malam," kata Sekretaris Umum PSMS Medan, Julius Raja, saat dihubungi INDOSPORT.

"Kita serius (tambah pemain). Makanya bisa hadir di sini (Medan). Belum banyak yang bisa saya sampaikan (terkait kelanjutan). Yang pasti kita sangat serius," pungkas Julius Raja.

Akan tetapi, kepastian hengkangnya pesepak bola asal Bengkulu tersebut dari Pasukan Ramang masih menunggu regulasi baru yang akan diterapkan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru untuk kompetisi di era New Normal.

Namun, apabila regulasi mendukung proses transfer pemain sebelum Liga 1 dan Liga 2 dilanjutkan pada bulan Oktober 2020 nanti, maka The Dragon dipastikan bakal merumput di Stadion Teladan, Medan.

Ada satu fakta unik jika skenario tersebut benar-benar terjadi, ya Ferdinand Sinaga bakal meninggalkan PSM Makassar untuk ketiga kalinya dalam kurun waktu enam tahun terakhir.

Sekadar informasi, pemain terbaik Indonesia Super League (ISL) edisi 2014 bersama Persib Bandung tersebut bergabung untuk kali pertama di klub berlogo perahu pinisi pada tahun 2015 silam.

Saat itu, dia datang dengan status pinjaman dari Sriwijaya FC untuk menjadi juru gedor Pasukan Ramang yang mengandalkan 100 persen pemain lokal saat mengikuti turnamen Piala Presiden 2015.

Dia pun sukses membawa klub kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan menembus Babak 8 Besar dan menyumbangkan satu gol dari lima laga sebelum ditarik oleh Sriwijaya FC.

Pada tahun 2016, ayah tiga anak ini kembali lagi ke Stadion Andi Mattalatta namun kali ini dengan status permanen dari Sriwijaya FC untuk berlaga pada turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

Dengan lesatan 10 gol plus tiga assist dari 24 laga disepanjang turnamen ISC 2016, penyerang kaki kidal ini pun menjadi idola para suporter klub kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan.

Performa gemilangnya diajang ISC 2016 pun berlanjut ke kompetisi resmi Liga 1 2017 dengan berhasil mencatatkan 12 gol dan dua assist dari total 27 penampilan disepanjang musim.

Akan tetapi pada Januari 2018, top skor Liga Prima Indonesia (LPI) 2012 ini justru meninggalkan Stadion Andi Mattalatta untuk kali kedua dan berlabuh ke klub Malaysia, Kelantan FA.

Diikat dengan durasi kontrak dua tahun, The Dragon justru hanya bertahan selama kurang lebih dua bulan dan kembali lagi ke Kota Daeng menjelang penutupan jendela transfer awal musim Liga 1 2018.

Disambut bagaikan seorang pemenang di menda tempur oleh para suporter, pengguna nomor punggung 6 ini kembali menyabet titel top skor klub diajang Liga 1 2018 dengan torehan 10 gol.

Setahun berselang, meskipun pundi-pundi golnya diajang Liga 1 2019 hanya sembilan digit tapi dia tetap menyandang status sebagai top skor klub yang berdiri pada 2 November 1915.

Selain itu, dia pun memberikan trofi prestisius pertama untuk PSM Makassar setelah menjuarai Piala Indonesia 2018/19 berkat kemenangan agregat 2-1 atas rival abadi, Persija Jakarta.

Performanya pun semakin gemilang pada tahun 2020 ini di bawah tangan dingin pelatih sepak bola asal Kroasia, Bojan Hodak, dengan mengemas tujuh gol dan satu assist dari delapan laga disemua kompetisi resmi.

Di saat kontraknya baru berakhir pada 20 Maret 2021 mendatang dan telah menjadi idola suporter plus ikon klub, pria kelahiran 18 September 1988 ini justru akan pergi untuk ketiga kalinya.

Namun, satu hal yang pasti ialah Ferdinand Sinaga bakal kembali lagi ke PSM Makassar pada tahun depan sebab dirinya hanya berstatus pinjaman di PSMS Medan hingga Liga 2 2020 berakhir.