Liga Inggris

Apa Kabar Mark Viduka, Legenda Leeds United yang Kini Banting Setir Dagang Kopi

Senin, 20 Juli 2020 09:29 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© www.myfootball.com.au
Mengenal Mark Viduka, salah satu legenda klub Liga Inggris Leeds United asal Australia yang kini banting setir dagang kopi. Copyright: © www.myfootball.com.au
Mengenal Mark Viduka, salah satu legenda klub Liga Inggris Leeds United asal Australia yang kini banting setir dagang kopi.

INDOSPORT.COM - Mengenal Mark Viduka, salah satu legenda klub Liga Inggris Leeds United asal Australia yang kini banting setir dagang kopi.

Nama Leeds United sendiri belakangan memang ramai diperbincangkan, terutama setelah keberhasilan tim asal West Yorkshire tersebut kembali naik kasta ke level tertinggi sepak bola Inggris musim depan.

Kepastian promosi Leeds United tercipta setelah pesaing utama mereka, West Bromwich Albion, menelan kekalahan 1-2 dari Huddersfield pada pekan ke-45 Divisi Championship 2019-2020, Sabtu (18/07/20).

Kekalahan West Bromwich itu membuat poin Leeds United yang belum memainkan pertandingan pekan ke-45, tak mungkin lagi bisa dikejar oleh pesaingnya itu.

Dengan keunggulan satu laga, Leeds United kini memiliki poin 87. Mereka unggul lima angka dari West Bromwich yang memiliki poin 82, sehingga tak mungkin lagi terkejar saat kompetisi tinggal menyisakan satu pertandingan lagi (pekan ke-46).

Bagi generasi 90-an, nama Leeds United tentu sangat erat di telinga lantaran klub berjuluk The Whites tersebut pernah punya cerita panjang nan manis di kompetisi Liga Inggris.

Mark Viduka jadi salah satu saksi hidup, sekaligus aktor dalam kegemilangan Leeds United beberapa tahun lalu. Penyerang kelahiran Melbourne ini datang ke Leeds pada tahun 2000, dan langsung menjadi mesin gol andalan dalam empat tahun masa baktinya.

Memulai karir di klub lokal Melbourne Knights tahun 1993, Mark Viduka yang mampu mencetak 40 gol dari 48 penampilan tersebut langsung menarik perhatian tim Eropa.

Dinamo Zagreb jadi pelabuhan pertama Mark Viduka di liga Eropa. Bersama tim asal Kroasia tersebut, ia mampu bertahan selama tiga tahun dan mencetak 40 gol dari 84 pertandingan liga.

Kesuksesan tersebut membuatnya dilirik tim Britania Raya, dan Celtic jadi penikmat pertama servis Mark Viduka. Dua musim di Skotlandia, Viduka sukses tampil gemilang dengan raihan 35 gol dari 48 laga.

Puncak karir Viduka akhirnya datang pada musim 2000, di mana Leeds United sebagai peserta kasta tertinggi Liga Inggris saat itu memboyongnya dengan mahar 6 juta pounds.