Liga Inggris

3 Kandidat Pengganti Marcelo Bielsa Jika Tak Diperpanjang Leeds United

Minggu, 19 Juli 2020 17:19 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Pat Scaasi/MI News/NurPhoto via Getty Images
Berikut ini ada 3 kandidat pengganti pelatih Marcelo Bielsa jika tak diperpanjang Leeds United usai promosi ke Liga Inggris 2020-21. Copyright: © Pat Scaasi/MI News/NurPhoto via Getty Images
Berikut ini ada 3 kandidat pengganti pelatih Marcelo Bielsa jika tak diperpanjang Leeds United usai promosi ke Liga Inggris 2020-21.

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada 3 kandidat pengganti pelatih Marcelo Bielsa jika tak diperpanjang Leeds United usai promosi ke Liga Inggris 2020-21.

Keberhasilan Leeds United untuk kembali berlaga di Liga Inggris terjadi ketika West Bromwich Albion kalah 1-2 dari Huddersfield Town, Jumat (17/07/20).

Hal tersebut membuat West Bromwich Albion tak bisa mendekati posisi Leeds United yang berada di puncak klasemen Divisi Championship 2019-20.

Meski masih menyisakan satu pertandingan bagi sang runner up, tampaknya tak mungkin The Peacocks, yang masih ada dua laga, bisa dibalap.

Hasil akhir Leeds United jumpa Derby County (Minggu, 19/07/20) dan Charlton Athletic (Rabu, 22/07/20) tak akan berpengaruh di daftar klasemen.

Capaian ini membuat nama Marcelo Bielsa sangat dipuja-puja oleh publik Leeds United. Sebab dirinya sukses melepas dahaga penantian 16 tahun tampil di Liga Inggris lagi.

Performa Leeds United tidak lepas dari racikan skema apik kepala pelatih Marcelo Bielsa yang didatangkan manajemen pada musim 2018-19 silam.

Juru taktik asal Argentina itu bisa membuat para pemain Leeds United (senior dan junior) menjalankan peran yang sangat penting di setiap laga.

Kendati demikian masa depan Bielsa masih tidak jelas bersama Leeds United. Sebab menurut data Transfermarkt, kontrak pelatih 64 tahun itu habis 30 Juni 2020.

Hingga saat ini belum ada tanda-tanda manajemen Leeds United akan memperpanjang kontrak pelatih berlisensi UEFA Pro itu, yang telah bawa promosi.

Jika nantinya tak diperpanjang, tampaknya Leeds United bisa melirik deretan pelatih sarat pengalaman yang masih nganggur hingga saat ini.

1. Unai Emery

Pelatih asal Spanyol Unai Emery bisa menjadi salah satu kandidat yang cocok untuk gantikan Marcelo Bielsa di Leeds United pada musim depan.

Pasalnya Emery sempat menjajal kerasnya persaingan Liga Inggris bersama Arsenal selama hampir satu setengah musim (awal 2018-19 dan memasuki 2019-20).

Selain itu Emery juga sukses meraih beragam trofi bersama klub Ligue 1 Paris Saint-Germain (PSG) dan peserta LaLiga Spanyol Sevilla.