Liga Inggris

Menerka Tim Divisi Championship yang akan Menemani Leeds United Promosi ke Liga Inggris

Minggu, 19 Juli 2020 13:56 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Sejumlah tim Divisi Championship (kompetisi kasta kedua Liga Inggris) berpotensi menjadi pendamping Leeds United untuk promosi ke Liga Inggris musim depan. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Sejumlah tim Divisi Championship (kompetisi kasta kedua Liga Inggris) berpotensi menjadi pendamping Leeds United untuk promosi ke Liga Inggris musim depan.

INDOSPORT. COM - Sejumlah tim Divisi Championship (kompetisi kasta kedua Liga Inggris) berpotensi menjadi pendamping Leeds United untuk promosi ke Liga Inggris musim depan.

Divisi Championship musim 2019/20 telah memunculkan nama Leeds United sebagai tim peraih tiket promosi. Leeds United berhak mendapatkan jatah promosi otomatis setelah torehan poinnya di tabel klasemen tak mungkin lagi dikejar oleh para pesaing.

Divisi Championship sudah memasuki pekan ke-45 yang mana tinggal menyisakan satu pekan lagi. Saat tulisan ini dibuat, Leeds United yang baru memainkan 44 laga, sedang menduduki puncak klasemen dengan koleksi 87 poin.

Leeds United berjarak lima angka dari tim peringkat dua, West Bromwich Albion, yang mengumpulkan 82 poin. Fakta itu lantas membuat Leeds United dipastikan menjadi jawara Divisi Championship 2019/20 sekaligus mendapatkan tiket promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris musim depan.

Namun, Leeds United jelas tidak bakal sendirian perihal naik ke kasta tertinggi Liga Inggris. Divisi Championship 2019/20 masih menyediakan dua tiket promosi lagi dan sampai sekarang belum ada pemiliknya.

Tiket pertama bersifat otomatis yang mana diberikan kepada tim peringkat dua klasemen. Siapapun nanti yang pada klasemen akhir mampu menduduki peringkat dua, dipastikan bakal otomatis naik ke kasta tertinggi Liga Inggris menemani Leeds United.

Sementara tiket kedua bakal diperebutkan melalui babak play-off oleh empat tim yang menduduki peringkat tiga sampai enam. Tim yang keluar sebagai juara play-off nantinya berhak mendapatkan satu jatah tersisa untuk promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris.

INDOSPORT lantas coba memberikan ulasan tentang, siapa saja tim yang berpeluang menemani Leeds United dan mendapatkan dua tiket promosi tersisa? Mari simak penjabarannya berikut ini.

Perebutan Peringkat Dua

Bagi tim yang mampu menduduki peringkat dua klasemen akhir Divisi Championship 2019/20, nantinya berhak mendapatkan tiket promosi otomatis ke kasta tertinggi Liga Inggris. Sejauh ini, West Bromwich Albion jadi tim yang sedang menempati peringkat dua, namun posisi mereka belum sepenuhnya aman karena masih bisa dikejar oleh tim peringkat tiga dan empat, yakni Brentford serta Fulham.

West Brom sekarang tercatat tengah mengoleksi 82 poin. Torehan West Brom hanya berjarak satu angka saja dari Brentford yang mengumpulkan 81 poin.

Sementara Fulham kini telah menorehkan 80 poin. Fulham juga punya peluang untuk melengserkan posisi West Brom.

Artinya, laga pekan ke-46 mendatang akan sangat menentukan nasib West Brom, Brentford, dan Fulham. Ketiganya bakal berjuang semaksimal mungkin agar bisa mengamankan peringkat dua klasemen akhir.

West Brom langkahnya terbilang paling mudah. Kemenangan di laga pekan terakhir pasti mengantarkan West Brom menjadi pemilik tetap peringkat dua klasemen akhir Divisi Championship 2019/20.

Pertandingan pekan terakhir kebetulan West Brom bakal bertindak sebagai tim tuan rumah melawan Queens Park Rangers (QPR). Secara kepentingan, QPR sudah tidak punya target apa-apa lagi, menduduki peringkat 14 dan aman dari jurang degradasi, sehingga diyakini memperbesar peluang West Brom untuk memenangkan laga.

Namun, jika West Brom sampai tergelincir, baik imbang apalagi kalah, situasinya akan sangat rumit. West Brom bisa-bisa disalip oleh Brentford atau Fulham.

Brentford sejatinya mau tidak mau mengusung hasil kemenangan di laga pekan terakhir. Apabila tercapai dan West Brom menuai hasil imbang, Brentford otomatis bakal mengunci peringkat dua.

Kalau West Brom kalah, tugas Brentford hanya perlu meraih hasil imbang saja. Jika situasinya seperti itu, Brentford bakal mengoleksi poin yang sama seperti West Brom, 82 poin, tapi unggul dalam perolehan selisih gol.

Selisih gol Brentford saat ini berada di angka 43. Brentford unggul jauh dari koleksi selisih gol West Brom yang jumlahnya 32.

Beruntungnya, Brentford dalam laga pekan terakhir hanya akan bersua Barnsley yang merupakan tim juru kunci. Bermain di kandang sendiri, Brentford diprediksi tanpa kesulitan untuk mengalahkan Barnsley.

Tugas paling berat lantas dipegang Fulham. Laga pekan terakhir nanti Fulham harus meraih kemenangan sembari berharap hasil buruk menimpa West Brom dan Brentford.

Bila menang, koleksi poin Fulham menjadi 83 poin. Demi bisa mengamankan peringkat dua, Fulham wajib berdoa agar West Brom menelan kekalahan dan Brentford menuai imbang atau kalah.

Begitulah kurang lebih penjabaran soal persaingan tim-tim yang merebutkan peringkat dua guna mendapatkan tiket promosi otomatis. Siapakah kira-kira yang bakal berhasil meraihnya, West Brom, Brentford, atau Fulham?