In-depth

Kai Havertz Memang Sensasional Atau Hanya Sensasi Biasa Saja?

Rabu, 22 Juli 2020 18:32 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© City-Press via Getty Images
Apakah Kai Havertz memang merupakan pemain sensasional dan bukan merupakan sensasi yang biasa saja? Copyright: © City-Press via Getty Images
Apakah Kai Havertz memang merupakan pemain sensasional dan bukan merupakan sensasi yang biasa saja?

INDOSPORT.COM – Dengan banderol senilai 90 juta poundsterling (1,6 triliun rupiah), Kai Havertz merupakan salah satu bintang muda yang siap mengguncang jagad sepakbola dunia.

Chelsea dikabarkan siap mendatangkan Havertz dan rela kehilangan 1,6 triliun rupiah demi memastikan kedatangannya ke Stamford Bridge. Namun, apakah bintang Bayer Leverkusen itu memang merupakan pemain sensasional dan bukan merupakan sensasi yang biasa saja?

Untuk mengetahui apakah Havertz merupakan pemain sensasional dan layak dibanderol setinggi langit, maka mari kita lihat pencapaiannya hingga saat ini.

Haverts berhasil menjadi pemain Bundesliga Jerman pertama yang mampu mencatatkan torehan 35 gol sebelum menginjak usia 21 tahun. Sebuah catatan rekor yang menakjubkan mengingat Bundesliga Jerman merupakan satu dari lima liga top Eropa selain Liga Inggris, Serie A Italia, LaLiga Jerman, dan Ligue 1.

Dirinya juga tercatat sebagai pemain termuda Bayer Leverkusen yang melakoni debut di Bundesliga Jerman pada bulan Oktober 2016 lalu saat usianya baru menginjak 17 tahun 126 hari. Belum ada setahun, Havertz telah menjadi pilihan reguler di skuat utama Leverkusen.

Belum ada setahun pula dirinya sukses mencatatkan rekor sebagai pencetak gol termuda Leverkusen di Bundesliga Jerman, tepatnya pada 2 April 2017 dalam laga imbang 3-3 kontra Wolfsburg.

Setahun kemudian, Havertz kembali mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang mampu mencetak 50 penampilan di Bundesliga Jerman saat usianya masih menginjak 18 tahun 307 hari. Memecahkan rekor milik rekannya di Timnas Jerman, Timo Werner.

Pada musim 2018/19, dirinya berhasil mencetak 17 gol. Raihan gol terbanyak yang mampu dicatatkan pemain muda di bawah 20 tahun dalam satu musim. Pada musim itu pula dirinya hampir saja meraih gelar Pesepakbola Terbaik Jerman andaikata tidak kalah dari Marco Reus dengan selisih poin voting yang sangat sedikit.

Seakan terlahir untuk menjadi bintang, Havertz selalu tampil sensasional dan memecahkan berbagai macam rekor meskipun saat ini dirinya masih berusia 21 tahun.