Liga Indonesia

Gabung TC Timnas, Evan Dimas Akui Mental Tangguhnya Terbentuk di Malaysia

Jumat, 24 Juli 2020 17:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi striker Persija, Evan Dimas usai mencetak gol ke gawang Borneo FC pada Liga 1 di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (01/03/2020). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi striker Persija, Evan Dimas usai mencetak gol ke gawang Borneo FC pada Liga 1 di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (01/03/2020).

INDOSPORT.COM - Gelandang Persija Jakarta, Evan Dimas mengakui, mental bertandingnya semakin terasah saat berkarier di Liga Malaysia pada 2018. Tidak heran apabila ia menjadi langganan di Timnas Indonesia.

Menurut Evan, penting bagi seorang pemain untuk berani keluar dari zona nyaman. Ketika berada di lingkungan baru, ia dituntut untuk memberikan kemampuan terbaik dan secara langsung hal itu menguatkan mentalnya.

"Menurut saya sangat penting memiliki pengalaman berkarier di luar negeri, apalagi jika pemain yang sudah bermain di timnas terkadang membuat cepat puas," bukanya dalam rilis klub.

"Namun, saat bermain di luar negeri mindset pemain seperti mulai dari nol lagi. Apalagi dianggap sebagai pemain asing, jadi hal itu yang membuat mental bermain terasah untuk membuktikan kami tidak sama dengan pemain lokal sana," sambung Evan.

Berkarier di luar negeri juga memberikan banyak pelajaran bagi Evan Dimas. Meski hanya setahun di negeri jiran, ia mendapat banyak pengalaman dan membuatnya makin dewasa.

"Ditambah lagi bermain di luar negeri banyak memberikan pengalaman yang baik buat karier. Kalau skill maupun taktik bisa saja didapatkan di sini, namun mental dan pengalaman pastinya lebih bagus saat bermain di luar negeri," tutupnya.

Kini, berbekal pengalaman tersebut, Evan Dimas berusaha memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia. Pasalnya, mereka dipersiapkan untuk menghadapi lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand, Vietnam dan Uni Emirat Arab.