Liga Indonesia

Jelang Lanjutan Liga 1, LIB Inspeksi Hotel dan Stadion di Yogyakarta

Sabtu, 25 Juli 2020 13:24 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Stadion Maguwoharjo di Kabupaten Sleman jadi salah satu tempat yang dipilih sejumlah tim Liga 1 2020 sebagai home base. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Stadion Maguwoharjo di Kabupaten Sleman jadi salah satu tempat yang dipilih sejumlah tim Liga 1 2020 sebagai home base.

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 terus melakukan persiapan guna menggulirkan kembali kompetisi. Mereka pun melakukan pengecekan terhadap stadion-stadion yang berada di daerah Yogyakarta.

Daerah Istimewa Yogyakarta memang menjadi home base bagi tim-tim yang berada di luar Pulau Jawa. Setidaknya terdapat enam tim dari luar Pulau Jawa yakni Bali United, Barito Putera, Borneo FC, Persipura Jayapura, Persiraja Banda Aceh, dan PSM Makassar.

Dari enam tim tersebut, dua klub belum menentukan lokasi home base, di antaranya Barito Putera dan Persipura Jayapura. Sementara dari tiga stadion yang ada di DIY, Stadion Maguwoharjo di Kabupaten Sleman dan Stadion Sultan Agung di Kabupaten Bantul menjadi pilihan empat tim luar Pulau Jawa.

Keempat tim tersebut yaitu Borneo FC dan Persiraja Banda Aceh yang memilih Stadion Maguwoharjo, serta Bali United dan PSM Makassar yang telah menentukan Stadion Sultan Agung sebagai home base.

Selain tim-tim Liga 1 luar Pulau Jawa tersebut, PSS Sleman juga menggunakan Stadion Maguwoharjo, dan Persija Jakarta juga akan memakai Stadion Sultan Agung. Persiapan terkait hotel dan stadion yang nantinya akan digunakan juga harus diperiksa dengan baik.

“Karena banyak tim yang memilih Yogyakarta sebagai home base, kami harus memastikan kondisi terakhir dari stadion yang diajukan," ucap direktur operasional PT LIB, Sudjarno.

Sudjarno menjelaskan setidaknya memang ada beberapa aspek yang disiapkan, seperti kesiapan hotel dan juga stadion yang digunakan.

"Semua aspek akan kami verifikasi sesuai dengan standar yang berlaku. Berikutnya kami juga mengecek kelayakan beberapa hotel yang rencananya akan menjadi tempat tinggal sementara bagi tim-tim tersebut," jelas Sudjarno.

Selain meninjau kesiapan stadion dan tiga hotel di DIY, PT LIB juga akan melakukan verifikasi Stadion Citarum, Kota Semarang, yang diajukan PSIS Semarang sebagai markas untuk melakoni lanjutan kompetisi Liga 1 2020.