Liga Indonesia

Tak Sekadar Jago Tangkap Bola, Andritany Bocorkan Cara Jadi Kiper Profesional

Selasa, 28 Juli 2020 08:43 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Penjaga gawang Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa memberikan kiat menjadi seorang penjaga gawang profesional. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Penjaga gawang Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa memberikan kiat menjadi seorang penjaga gawang profesional.

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa memberikan kiat menjadi seorang penjaga gawang profesional. Baginya menjadi seorang kiper tak hanya jago menangkap bola, tapi juga harus pandai berkomunikasi dengan bek.

Hal itu Andritany bagikan ketika ia menjadi mentor dalam program Became A Pro. Bagi Andritany, yang utama adalah menjadi seorang penjaga gawang selain memiliki kualitas yang bagus, juga harus menguasai teknik komunikasi dan koordinasi dengan para pemain lain.

“Menjadi kiper kita harus memiliki teknik komunikasi yang baik. Saya saat mengawali karier di Persija bekerjasama dengan bek senior seperti Ismed Sofyan, Precious, Fabiano dan Leo Saputra," ucap Andritany.

"Meski begitu saya tidak sungkan untuk berkomunikasi dengan mereka. Intinya juga harus ada kedekatan di luar lapangan,” tambahnya.

Andritany juga menambahkan, sebagai penjaga gawang harus dapat menghilangkan rasa gugup. Terlebih saat ini menjadi kiper tidak hanya bertugas menghindari gawang dari kebobolan, melainkan juga memulai sebuah serangan tim. Hal ini membuat ketenangan sangat dibutuhkan.

“Saat ini seorang kiper dituntut membantu tim dalam menyerang, seperti memberi umpan matang ke bek, gelandang atau bahkan penyerang. Kita harus memiliki ketenangan dan dapat mengusir rasa gugup,” tukas Andritany Ardhiyasa.