Liga Indonesia

Mantan Bek Persib Turunkan Bakat Bermain Sepak Bola kepada Anak-anaknya

Selasa, 28 Juli 2020 10:58 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Dok. Deden Suparhan
Anak laki-laki Deden Suparhan, Faza Vieri, yang saat ini bermain di UNI Bandung. Copyright: © Dok. Deden Suparhan
Anak laki-laki Deden Suparhan, Faza Vieri, yang saat ini bermain di UNI Bandung.

INDOSPORT.COM - Mantan bek Persib Bandung, Deden Suparhan, tidak memiliki rencana untuk mengikuti jejak sang kakak Budiman yang terjun di dunia kepelatihan dan kini menjadi asisten pelatih Robert Rene Alberts di skuat Maung Bandung.

Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola profesional, Deden lebih memilih fokus bekerja di salah satu Dinas di Kota Bandung dan menurunkan bakat bermain sepak bolanya kepada anak-anaknya. Dari tiga anak, hanya dua yang mengikuti jejaknya. 

Menurut Deden, anak laki-laki dan perempuannya sangat senang dengan sepak bola. Sehingga, Nabila dan Faza Vieri saat ini menimba ilmu sepak bola di UNI Bandung. 

"Deden gak ada rencana kesana (jadi pelatih) paling konsentrasi kerja, ngasuh anak. Kebetulan anak juga main bola, yang perempuan main bola yang laki-laki juga main bola, paling ngantar anak main bola ke UNI," kata Deden kepada INDOSPORT

"Jadi gak mengikuti jejak kang Budiman, saya mah fokus kerja saja sama nonton dan pemerhati sepak bola," jelas Deden menambahkan. 

© Dok. Deden Suparhan
Anak perempuan Deden Suparhan, Nabila berposisi sebagai penjaga gawang. Copyright: Dok. Deden SuparhanAnak perempuan Deden Suparhan, Nabila berposisi sebagai penjaga gawang.

Deden mengatakan, anak perempuannya yang saat ini berusia 20 tahun, sudah senang dengan olah raga sepak bola sejak enam tahun lalu. Begitupun dengan anak laki-lakinya yang saat ini sudah sering mengikuti turnamen maupun kompetisi. 

"Yang perempuan usia 20 tahun, baru suka main bola enam tahunan, posisinya penjaga gawang, di UNI. Kalau yang laki-laki di UNI, kemarin juga ikut ke Bandung Legend di Soeratin usia 15 tahun," jelasnya. 

Mantan pemain Persib di musim 1996 hingga 2002 ini berharap, kedua anaknya bisa menjadi pemain sepak bola profesional. Deden juga berpesan kepada anak-anaknya, agar bekerja keras dan tetap semangat di dalam maupun di luar lapangan. 

"Insya Allah diteruskan sama anak, Insya Allah kalau ada rezekinya (jadi pemain profesional)," harapnya. 

Sementara itu, Deden selama menjadi pemain sepak bola profesional, sempat memperkuat beberapa tim lainnya di Indonesia seperti Persijatim, Asahan Medan, dan Persim Maros.