Liga Inggris

3 Pemain Akademi yang Bisa Bikin Arsenal Hemat Ratusan Miliar Rupiah

Rabu, 29 Juli 2020 21:57 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Arsenal bisa saja menghemat ratusan miliar bahkan triliunan rupiah jika mengandalkan 3 pemain akademi ini musim depan. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Arsenal bisa saja menghemat ratusan miliar bahkan triliunan rupiah jika mengandalkan 3 pemain akademi ini musim depan.

INDOSPORT.COM – Sebagai salah satu tim papan atas Liga Inggris, Arsenal dikenal sebagai tim yang kerap memberikan banyak kesempatan kepada pemain muda atau pemain akademinya.

Sejak diasuh Arsene Wenger, tak terhitung berapa banyak pemain muda yang diboyong oleh Arsenal dan dibina hingga menjadi pemain berkelas. Sebagai contoh ada Cesc Fabregas yang dibawa dari akademi Barcelona dan dipoles menjadi  salah satu gelandang terbaik di eranya.

Tak cukup Fabregas saja, ada pula Serge Gnabry yang diboyong dari Stuttgart. Namun pemain berusia 24 tahun tersebut tak mendapat banyak kesempatan sehingga dilepas secara permanen dan mulai mendapat apresiasi bersama Bayern Munchen.

Tentu berkaca dari kejadian Serge Gnabry, Arsenal bisa mengambil satu poin penting. Bahwasanya The Gunners harus mulai memperhatikan para pemain mudanya dan memberinya kesempatan di setiap musimnya.

Arsenal sendiri mulai menunjukkan i’tikad baik kepada para pemain mudanya musim ini. Sebagai contoh Bukayo Saka yang tampil impresif telah diberi ganjaran kontrak dan kerap mengisi starting XI The Gunners.

Tentu apa yang ditampilkan Saka memberikan keuntungan kepada Arsenal bahwa The Gunners tak perlu lagi mengeluarkan mahar besar mencari pemain bintang di posisi wonderkidnya tersebut.

Selain Bukayo Saka, ternyata ada tiga pemain muda lain yang bisa bikin Arsenal menghemat ratusan miliar atau bahkan triliunan rupiah. Berikut daftarnya.

1. Emile Smith Rowe

Pemain asli Inggris ini memang telah dikenal banyak pendukung Arsenal. Di musim ini, pemain berusia 20 tahun tersebut telah tampil sebanyak enam kali bersama tim senior di berbagai ajang.

Namun minimnya menit bermain membuat namanya dipinjamkan ke Huddersfield untuk menambah menit bermain. Hasilnya memuaskan. Smith Rowe mampu tampil sebanyak 19 kali dan mencetak dua gol serta tiga assist.

Di tengah menuanya Mesut Ozil dan tak adanya gelandang kreatif di kubu Arsenal, tak ada salahnya Mikel Arteta menjajal Smith Rowe di musim depan tanpa harus membeli pemain anyar.