Liga Indonesia

Cara Pelatih Brasil Ciptakan Kiper Tangguh Borneo Selama Libur Liga 1

Rabu, 29 Juli 2020 19:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih kiper Borneo FC, Carlos Salomao tetap memberikan materi latihan rutin ke para pemain khususnya penjaga gawang selama Liga 1 2020 dihentikan. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih kiper Borneo FC, Carlos Salomao tetap memberikan materi latihan rutin ke para pemain khususnya penjaga gawang selama Liga 1 2020 dihentikan.

INDOSPORT.COM - Pelatih kiper Borneo FC, Carlos Salomao tetap memberikan materi latihan rutin ke para pemain khususnya penjaga gawang selama Liga 1 2020 dihentikan.

Ia  mempersiapkan empat anak asuhnya agar jadi kiper tangguh, yang nantinya bisa menjadi penerus Muhammad Ridho dan Nadeo Argawinata.

Pelatih kiper berpaspor Brasil itu menyiapkan program latihan mingguan dengan durasi latihan selama satu jam per harinya.

Untuk memastikan pemain menjalankan instruksinya, Carlos meminta kiper Borneo FC untuk merekam latihan yang mereka lakukan kemudian mengirimkan videonya.

"Pemain (kiper) dapat berlatih dengan program yang saya berikan. Latihannya bisa dilakukan di rumah ataupun lapangan dengan tetap menjaga hal-hal teknis," tuturnya.

Khusus dua penjaga gawang muda, Rizki dan Zulfikri, Carlos secara langsung memimpin latihan di Stadion Segiri karena ketiganya berada di Samarinda. 

Mereka melakukan latihan teknik dan fisik selama 30 menit, lalu bergabung dengan beberapa pemain lainnya selama 30 menit berikutnya.

Sedangkan bagi Dicky Indrayana dan Gianluca Pandeynuwu yang saat ini berada di daerahnya masing-masing, Carlos memberikan program mingguan. Keduanya diminta fokus menjaga kondisi fisik agar tak jauh tertinggal saat tim berkumpul dan latihan normal.

"Mereka melakukan latihan mingguan yang saya berikan, bisa dilakukan di rumah, gym, ataupun lapangan, dengan latihan inti seperti berlari, sit up, dan latihan kecepatan," jelas Carlos.

"Saat ini yang terpenting adalah mereka harus terus berlatih, baik latihan fisik ataupun otot, agar ketika tim kembali berkumpul, mereka telah terbiasa. Dan, ketika mereka berkumpul lagi, kami akan fokus pada latihan teknik menggunakan bola," tutupnya.

Sebelum Liga 1 2020 dihentikan sementara, Borneo FC telah memainkan tiga laga. Tim Pesut Etam sukses mengumpulkan enam poin (dua kali menang dan sekali kalah) dan menempati peringkat ketiga klasemen sementara.