Liga Inggris

Berseragam MU, Van Persie Tak Nyaman Dapat Guard of Honour dari Arsenal

Kamis, 30 Juli 2020 13:07 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Berseragam MU, Van Persie Tak Nyaman Dapat Guard of Honour dari Arsenal Copyright: © Getty Images
Berseragam MU, Van Persie Tak Nyaman Dapat Guard of Honour dari Arsenal

INDOSPORT.COM - Eks pesepakbola asal Belanda, Robin van Persie merasa tak nyaman saat dirinya mendapatkan Guard of Honour dari Arsenal. Hal ini dikarenakan dirinya berseragam Manchester United.

Robin Van Persie pernah menghebohkan jagat sepak bola Inggris. dirinya menuntaskan salah satu transfer kontroversial di Liga Inggris. beberapa tahun silam, ia memilih meninggalkan Arsenal dan bergabung dengan Manchester United.

Kepindahan Van Persie tentu memiliki alasan yang kuat, dirinya diyakini bahwa ingin pindah karena memikirkan karier sepak bolanya. Terlebih, mantan pemain Arsenal ini ingin pindah karena memiliki impian menjadi juara Liga Inggris.

Alhasil impian tersebut akhirnya terwujud pada tahun 2013 silam. Manchester United keluar sebagai juara pada kemenangan atas Aston Villa di Old Trafford, dan dirinya mencetak tiga gol sekaligus. Setelah pertandingan itu, Setan Merah akan berhadapan dengan Arsenal.

Seperti pada umumnya, tim yang baru mengunci gelar juara akan mendapatkan Guard of Honour dari lawan mereka pada pertandingan berikutnya. Maka dari itu, Arsenal yang akan menghadapi Manchester United dalam laga selanjutnya memberikan penghormatan itu.

Robin van Persie pun secara tidak langsung juga mendapatkan Guard of Honour dari mantan rekan-rekan satu timnya saat masih di Arsenal. Ini menjadi salah satu momen yang tidak pernah dilupakan oleh pemain asal Belanda tersebut.

Ingatan tersebut rupanya tidak selayaknya pemain di berikan penghormatan, Van Persie merasa bahwa dirinya sangat tidak nyaman dengan Guard of Honour yang diberikan Arsenal kepada Manchester United yang saat itu ia bela.

“Saya tidak suka. Beberapa di antara mereka adalah teman saya. Saya menghabiskan delapan tahun di sana dan saya hanya senang ketika seremoni itu berakhir. Saya bisa melihat wajah-wajah mereka yang tidak menyukainya, saya paham itu,” kata Van Persie dilansir dari Marca.

Van Persie juga menambahkan bahwa dirinya tidak mempermasalahkan adanya Guard of Honour, sebab hal ini sudah menjadi tradisi yang harus biasa dilakukan. Akan tetapi, menurutnya pribadi ini menjadi momen yang aneh.

“Saya kira itu adalah gestur yang baik untuk sang juara, tapi saat itu saya merasa tidak tepat saja, tidak bagi saya dan tidak bagi Arsenal. Rasanya sedikit canggung, saya tidak merasa nyaman. Dari sudut pandang saya, itu seharusnya tidak perlu,” tambahnya.

Robin Van Persie adalah pesepakbola yang mengawali karier di Liga Inggris pada tahun 2004 silam. Dirinya bermain membela Arsenal sejak tahu itu hingga tahun 2012. Delapan tahun berseragam The Gunners, tak mudah bagi dirinya untuk pergi begitu saja.

Namun, dirinya memutuskan untuk tetap hengkang dan memilih bergabung dengan Manchester United pada tahun 2012. Bersama Setan Merah, kariernya semakin melambung jauh karena mendapatkan beberapa gelar juara.