Liga Inggris

Manchester United Gemilang karena Penalti, Mourinho Sasar Bintang Ini

Kamis, 30 Juli 2020 03:58 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty Images
Manchester United dituding gemilang di Liga Inggris berkat penalti, Jose Mourinho sasar bintang ini. Copyright: © Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty Images
Manchester United dituding gemilang di Liga Inggris berkat penalti, Jose Mourinho sasar bintang ini.

INDOSPORT.COM - Keberhasilan Manchester United di Liga Inggris 2019-2020 dituding karena kerap dapat penalti oleh pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho. Merasa muak akan mantan timnya, ia langsung menyasar salah satu bintang Setan Merah.

Semenjak bergulirnya kompetisi kasta atas Negeri Big Ben, tak bisa dipungkiri jika The Red Devils bisa bangkit setelah sempat alami hasil kurang oke. Bagaimana tidak? Setelah berkutat di papan tengah, mereka bisa mengakhiri musim di posisi tiga klasemen.

Usut punya usut, keberhasilan Manchester United ini didasari oleh kedatangan Bruno Fernandes yang dibeli dengan mahar 80 juta euro (Rp1,3 triliun) dari Sporting Lisbon Januari lalu. Sang playmaker sukses meningkatkan moral rekan setim hingga klub punya catatan panjang 17 pertandingan tanpa kalah termasuk kala lakoni Liga Inggris.

Meskipun punya pengaruh besar, Mourinho tak serta merta melihat Fernandes dalam segi kualitas dalam membantu mantan klubnya. Alih-alih menuturkan pujian, The Special One malah menuding jika gelandang andal asal Portugal itu hanya bisa andalkan tendangan penalti untuk kemenangan Manchester United.

"Bruno datang dengan kondisi sangat prima dan bermain bagus dalam pengembangan tim Manchester United. Dia juga membuktikan sebagai eksekutor penalti yang hebat mungkin terbaik di dunia lewat total 20 gol!" ucap Mourinho dilansir Daily Mail.

Ungkapan sindiran sarkastik ini sendiri berawal kala Manchester United bermain imbang  1-1 di pertandingan Liga Inggris kontra Tottenham Hotspur bulan Juni lalu. The Lilywhites seharusnya menang lewat sepakan semata wayang Steven Bergwijn, sebelum akhirnya Fernandes samakan skor lewat tendangan dari titik putih usai dituding diving.

"Jika VAR melaksanakan tugasnya dengan baik, seharusnya pemain yang melakukan hal tak wajar (diving) patut diberi kartu kuning. Fernandes seharusnya mengerti karena datang dari negeri yang dikenal sangat baik, keberhasilan 13 penalti dari Manchester United adalah murni berkat bantuan wasit," tambahnya.

Sindiran dari Morinho sendiri cukup berdasar karena Manchester United memang tergolong sebagai tim paling menonjol di Liga Inggris kali ini berkat 14 penalti yang juga memecahkan rekor dalam satu musim. Konon kabarnya pencapaian skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu berdasarkan taktik diving yang sering dilancarkan oleh Fernandes.