Bola Internasional

Kisah Dua Legenda Timnas Indonesia yang Dikagumi Pele dan Maradona di Atas Lapangan

Jumat, 31 Juli 2020 16:42 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Galang/INDOSPORT
Memori masa lalu yang akan selalu diingat di antaranya oleh dua legenda ini yang pernah membuat kagum saat melawan dua dewa sepak bola, Diego Maradona dan Pele. Copyright: © Galang/INDOSPORT
Memori masa lalu yang akan selalu diingat di antaranya oleh dua legenda ini yang pernah membuat kagum saat melawan dua dewa sepak bola, Diego Maradona dan Pele.

INDOSPORT.COM - Meski hampir tak pernah menjuarai turnamen bergengsi apapun di level dunia, Timnas Indonesia pernah memiliki kenangan yang tak terlupakan. Memori masa lalu yang akan selalu diingat di antaranya oleh dua legenda ini yang pernah membuat kagum saat melawan dua dewa sepak bola, Diego Maradona dan Pele.

Dari dekade 70-an, Timnas Indonesia sudah berkesempatan menghadapi tim-tim dunia asal Brasil dan Argentina. Saat itu, Maradona dan Pele menjadi pusat perhatian penggemar sepak bola dunia berkat penampilan dan karier cemerlang mereka.

Sedang berada dalam masa-masa kejayaan, kesempatan menghadapi Maradona dan Pele pun menjadi kejadian langka untuk para pemain Timnas Indonesia di masa itu. Dalam dua kesempatan dan ajang berbeda, Timnas Indonesia berkesempatan merasakan pengalaman seumur hidup, menghadapi dua maestro sepak bola dunia.

Tak hanya mendapatkan kesempatan bermain, kedua legenda Timnas Indonesia ini pun sukses mencuri perhatian Maradona dan Pele dilapangan. Dua bintang besar itu memberikan notice saat berhadapan dengan dua legenda Timnas Indonesia, yakni Anwar Ujang dan Zulkarnaen Lubis. Berikut kisah keduanya seperti dirangkum INDOSPORT.

Anwar Ujang

Anwar Ujang merupakan salah satu utama Timnas Indonesia sejak tahun 1971 hingga 1974. Sejak bergabung dan dipanggil Timnas pada 1965, Zulkarnaen terus melesat hingga dipercaya menjadi andalan di lini pertahanan Skuat Garuda.

Timnas Indonesia menjadi salah satu tim yang kehadirannya cukup diperhitungkan di Asia saat itu. Kesempatan untuk menjalani pertandingan persahabatan melawan klub raksasa asal Santos pun didapatkan.

Melawan Santos, Anwar Ujang tampil brilian dan menjadi tembok kokoh pertahanan  Timnas Indonesia. Pemain belakang kelahiran tahun 1945 itu bahkan membuat Pele kagum dengan aksinya. 

Meski Santos menang tipis 3-2 atas Timnas Indonesia, Pele memberikan sanjungan untuk Anwar yang menggunakan nomor punggung lima. Pele bahkan menyebut Anwar Ujang man of the match dalam laga itu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%