Liga Indonesia

Sarankan Liga 1 Tanpa Penonton, Pemprov DIY Siap Bantu Live Streaming

Jumat, 31 Juli 2020 15:27 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter/@Liga1Match
Lanjutan Liga 1 2020 bakal terpusat di Pulau Jawa, khususnya Yogyakarta. PT Liga Indonesia Baru (LIB) bahkan sudah menggelar pertemuan dengan Pemprov. Copyright: © Twitter/@Liga1Match
Lanjutan Liga 1 2020 bakal terpusat di Pulau Jawa, khususnya Yogyakarta. PT Liga Indonesia Baru (LIB) bahkan sudah menggelar pertemuan dengan Pemprov.

INDOSPORT.COM - Lanjutan Liga 1 2020 bakal terpusat di Pulau Jawa, khususnya Yogyakarta. PT Liga Indonesia Baru (LIB) bahkan sudah menggelar pertemuan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY berkait keputusan tersebut.

Pemprov DIY pun memberikan sambutan positif soal penunjukkan Yogyakarta sebagai host lanjutan kompetisi kasta tertinggi. Namun, pemerintah setempat menyarankan supaya pertandingan digelar tanpa penonton.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyarankan suporter dan penonton menyaksikan pertandingan dari layar televisi maupun live streaming. Sebab jika tetap dengan penonton, diprediksi sulit untuk menerapkan social distancing.

"Tentu kalau diperlukan untuk itu kami suporter. Karena untuk menjaga protokol kesehatan untuk di tempat seperti itu sulit dilakukan pengendalian," kata Baskara.

Beberapa tim dari luar Pulau Jawa akan menggunakan stadion yang berada di DIY untuk menjadi homebase. Dua lokasi yang dipilih adalah Stadion Maguwoharjo Sleman serta Stadion Sultan Agung Bantul.

Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) PT LIB, Akhmad Hadian Lukita menyebut berbagai dampak positif bagi DIY setelah beberapa klub Liga 1 memilih berkandang di kota budaya tersebut. Salah satunya mendongkrak gairah ekonomi setelah hantaman pandemi virus corona.

"Misalnya tingkat hunian hotel akan meningkat. Kemudian kami juga menginformasikan bahwa lanjutan kompetisi bisa dijadikan sebagai ajang yang tempat untuk kampanye memerangi pandemik Corona. Slogan perubahan perilaku akan bisa efektif dari kompetisi ini," paparnya.