Bola Internasional

Bukan Barcelona, Pep Guardiola Dibantu Banyak oleh Real Madrid

Sabtu, 1 Agustus 2020 12:12 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Chris Brunskill/GettyImages
Manajer Manchester City, Pep Guardiola, menceritakan pengalamannya menekuni profesi sebagai pelatih sepak bola. Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Manajer Manchester City, Pep Guardiola, menceritakan pengalamannya menekuni profesi sebagai pelatih sepak bola.

INDOSPORT.COM - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, merasa bahwa perkembangan dirinya sebegai pelatih sampai sejauh ini berkat bantuan dari Real Madrid dan bukan Barcelona.

Jauh sebelum menangani Manchester City, Pep Guardiola mengawali karier sebagai pelatih yakni saat menangani Barcelona selama empat tahun. Bersama Blaugrana, dirinya berhasil mengumpulkan 14 trofi gelar juara di semua kompetisi.

Meski merasakan kesuksesan bersama Barcelona, Guardiola menjalani periode sarat rivalitas dengan Real Madrid, terutama saat Los Blancos masih dipegang oleh Jose Mourinho sebagai pelatih kepala.

Sejak kepergian Pep Guardiola dari Barcelona pada tahun 2012 silam, Real Madrid semakin luar biasa di bawah asuhan Zinedine Zidane. Saat itu, Los Blancos berhasil merupakan Raja Eropa yang langganan gelar Liga Champions.

Kemudian Real Madrid sempat terpuruk sebelum terangkat lagi setelah kembalinya Zidane pada tahun 2019 lalu. Musim ini saja mereka berhasil menghilangkan dominasi Barcelona di La Liga Spanyol dengan keluar sebagai juara setelah terakhir Los Blancos juara 2016-2017 silam.

Pep Guardiola selaku mantan pelatih Barcelona mengaku bahwa dirinya merasa dibantu banyak oleh Real Madrid selama kariernya sebagai pelatih sepak bola profesional hingga terus menjadi lebih baik.

“Mereka adalah tim yang sangat tangguh, di setiap aspek, dan mereka sudah membantu saya menjadi seorang pelatih yang lebih baik. Baik dengan Jose Mourinho, dengan Manuel Pellegrini, dengan seluruh pelatih yang mereka punya,” kata Pep Guardiola dilansir dari Marca.

Mantan pelatih Bayern Munchen ini juga merasa senang dengan keberhasilan Real Madrid dengan beberapa gelar sebelumnya entah di Liga Champions maupun LaLiga Spanyol. Terlebih, mereka berhasil mengakhiri dominasi Barcelona.

“Kalau mereka melakukan apa yang sudah mereka lakukan, memenangi tiga Liga Champions beruntun, merebut dua titel liga dari Barcelona dekade ini. Saya sangat gembira dengan kesuksesan mereka,” tambahnya.

Pertemuan Pep Guardiola dengan Real Madrid akan terlaksana kembali di kompetisi Liga Champions musim ini. Sebelumnya mereka sudah pernah bertemu di leg pertama babak 16 besar dengan kemenangan diraih oleh Manchester City.

Laga lanjutan kompetisi Liga Champions musim 2019-2020 yang sempat dihentikan sementara waktu akan segera digelar lagi bulan Agustus ini.

Pertandingan Manchester City vs Real Madrid akan dilangsungkan pada Sabtu (08/08/20) dini hari WIB. Kali ini, The Citizens memiliki keunggulan yakni bisa bermain di kandang sendiri meski tidak adanya penonton karena protokol kesehatan pandemi.