Bola Internasional

Kiper Timnas Laos Dihukum Seumur Hidup oleh AFC, Kenapa?

Minggu, 2 Agustus 2020 19:42 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas
© LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Federasi sepak bola Asia (AFC) menjatuhkan hukuman larangan main seumur hidup kepada kiper Timnas Laos, Tipphonexay Inthavongsa usai terlibat pengaturan skor. Copyright: © LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Federasi sepak bola Asia (AFC) menjatuhkan hukuman larangan main seumur hidup kepada kiper Timnas Laos, Tipphonexay Inthavongsa usai terlibat pengaturan skor.

INDOSPORT.COM – Federasi sepak bola Asia (AFC) menjatuhkan hukuman larangan bermain seumur hidup kepada kiper Timnas Laos, Tipphonexay Inthavongsa usai terlibat pengaturan skor.

Pada 2017 silam, terdapat sebuah kejadian memalukan di jagat sepak bola Asia menyusul adanya dugaan pengatuan skor saat Timnas Laos menghadapi Hong Kong. Di laga uji coba ini, Timnas berjuluk Thim Xad tersebut tumbang 4-0 dari Timnas Hong Kong.

Laga ini pun terbilang sangat aneh karena nampak jelas bahwa tim tamu terlihat membiarkan Hong Kong selaku tuan rumah menang dengan mudah. Bahkan sebelum Inthavongsa, dua rekannya terlebih dahulu dinyatakan bersalah.

AFC dalam rilisan resminya menyebutkan bahwa Tipphonexay Inthavongsa telah melanggar pasal 66.1 dari Kode Etik Disiplin dan Etika AFC. Tak pelak hukuman berat pun mendarat ke kiper Timnas Laos tersebut.

“Inthavongsa dinyatakan bersalah dalam memanipulasi hasil pertandingan internasional antara Timnas Hong Kong dan Laos pada 5 Oktober 2017,” tulis pernyataan AFC.

Kasus ini jelas mencoreng wajah sepak bola Laos. Bahkan federasi sepak bola negara yang berjuluk The Land Locked Country ini merasa malu dan meminta FIFA serta AFC untuk memperluas aturan ini agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Sebelumnya Timnas Laos pun pernah menjadi pusat perhatian pada 2017 silam setelah AFC menghukum 22 pemain Laos dan Kamboja dan sebagian pemain Lao Toyota FC terkait adanya pengaturan skor. Hukuman ini pun berimbas pada dilarangnya Lao Toyota FC bermain di Piala AFC 2018.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%