Liga Inggris

Kuasai 14 Trofi, Arsenal Pertajam Status Raja Piala FA

Minggu, 2 Agustus 2020 10:08 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Isman Fadil
© Catherine Ivill/Getty Images
Piala FA: Arsenal Pemilik Trofi Terbanyak Sepanjang Sejarah Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Piala FA: Arsenal Pemilik Trofi Terbanyak Sepanjang Sejarah

INDOSPORT.COM - Klub asal London Utara, Arsenal berhasil mengumpulkan trofi ke-14 di ajang Piala FA setelah berhasil mengalahkan Chelsea di partai final.

Arsenal berhasil keluar sebagai juara Piala FA setelah berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor akhir 2-1 pada partai final yang berlangsung Sabtu (01/08/20) pukul 23.00 WIB. Ini menjadikan The Gunners menambah koleksi trofi di ajang tertua Inggris.

Pertandingan di babak pertama memang terbilang cukup imbang, keduanya saling serang satu sama lain. Alhasil, Chelsea berhasil membobol gawang dari Damian Emiliano Martinez di menit awal babak pertama. Akan tetapi, setelah gol tersebut pola permainan The Blues semakin menurun.

Lalu akhirnya Aubameyang dan kawan-kawan berhasil menyeimbangkan skor melalui gol penalti pada menit ke-28. Skor tersebut bertahan hingga wasit meniupkan peluit pertanda babak pertama telah selesai.

Di babak kedua berjalan 20 menit belum ada lagi aksi menekan yang mebuat skor berubah. Namun, pada menit ke-67. Melalui brance Pierre-Emerick Aubameyang usai menaklukan penjaga gawang Chelsea, Willy Cabelero.

Dengan hasil ini, Arsenal berhak membawa pulang trofi Piala FA ke Emirates Stadium dan juga menambahkan koleksi trofinya yang ke-14 sepanjang sejarah kompetisi tertua di Inggris tersebut.

Meriam London isemakin mengukuhkan diri sebagai tim paling sukses pada kompetisi sepak bola tertua di dunia tersebut. Mereka berhasil unggul 2 trofi dari Manchester United yang berhasil mengumpulkan 12 kali gelar juara.

Selain itu, Arsenal selalu memenangkan final Piala FA dalam setiap kesempatan yang didapatkan sejak tahun 2002 silam. Mereka mencatatkan tujuh kali tampil di babak final dan mengakhirinya dengan mengangkat trofi juara.

Maka dari itu, banyak publik yang menilai bahwa sebenarnya Arsenal adalah raja dari kompetisi Piala FA karena paling banyak memiliki gelar juara dibandingkan tim asal Inggris lainnya yang juga sama berkopetisi di ajang tersebut.

Lalu perolehan gelar terbanyak ketiga setelah Manchester United adalah Chelsea. Mereka berhasil mengukuhkan delapan gelar juara sejak mereka mengikuti kompetisi ini dari 1970 hingga terakhir tahun 2018 lalu.

Perolehan Chelsea menjadi juara Piala FA ini setara dengan Tottenham Hotspur yang sama memiliki delapan trofi kompetisi tertua di dunia tersebut. Namun terakhir kali mereka merasakan juara itu tahun 1991 silam.