Liga Indonesia

Soal Manajer Timnas Indonesia, Menpora: Itu Urusan PSSI!

Selasa, 4 Agustus 2020 16:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Kemenpora
Pertemuan Menpora dengan PSSI saat acara pemberian dana bantuan untuk Timnas U-19 di Piala Dunia U-20 2021. Copyright: © Kemenpora
Pertemuan Menpora dengan PSSI saat acara pemberian dana bantuan untuk Timnas U-19 di Piala Dunia U-20 2021.

INDOSPORT.COM - Menpora Zainudin Amali sepertinya enggan ikut campur dalam permasalahan penunjukkan manajer timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021. Semua itu adalah wewenang PSSI selaku federasi untuk menentukan sosok tersebut nantinya.

Permasalahan manajer timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021 memang sempat menjadi perbincangan hangat. Terlebih setelah Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menegaskan dirinya mengambil tanggung jawab tersebut.

Hal ini tentu memang tidak ada pelanggaran yang terjadi. Namun menjadi hal yang kurang etis mengingat Iriawan juga sebagai Ketua Umum PSSI.

Meskipun Iriawan menegaskan bahwa jabatanitu hanya sementara hingga nantinya ia menemukan sosok yang cocok menjadi manajer timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021.

Terkait hal ini, Menpora Zainudin Amali pun tak mau terlalu banyak berkomentar. Baginya biarkan itu menjadi wewenang PSSI.

"Itu kewenangan PSSI yang diberikan tanggung jawab untuk prestasi timnas. Jadi silakan PSSI yang menentukannya," kata Zainudin Amali.

Zainudin menambahkan, bahwa pemerintah memberikan kebebasan kepada PSSI. Di mana PSSI memang bertugas terkait prestasi timnas Indonesia.

"Dari awal pembagiannya jelas, kami dari pemerintah mengurus penyelenggaraan sementara soal timnas itu urusan federasi dan penanggung jawabnya adalah Ketua Umum PSSI," tukas ia.