Liga Spanyol

Gabung Klub yang Pernah Bikin Cristiano Ronaldo Terusir, Sidoel Incar Timnas Indonesia

Rabu, 5 Agustus 2020 08:24 WIB
Editor: Isman Fadil
© Plumb Images/Getty Images
Pesepakbola keturunan Indonesia, Darren Sidoel, telah memilih Cordoba CF sebagai klub barunya untuk musim 2020/2021. Copyright: © Plumb Images/Getty Images
Pesepakbola keturunan Indonesia, Darren Sidoel, telah memilih Cordoba CF sebagai klub barunya untuk musim 2020/2021.

INDOSPORT.COM - Pesepakbola keturunan Indonesia, Darren Sidoel, telah memilih Cordoba CF sebagai klub barunya untuk musim 2020/2021. Dia dikontrak klub Segunda B atau kasta ketiga Spanyol selama semusim dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Sidoel akan mengenakan jersey dengan nomor punggung 6 di Cordoba CF. Pemain kelahiran Den Haag, Belanda, 22 tahun silam ini dinilai memiliki kemampuan bermain di sektor gelandang bertahan.

Meski mendapatkan banyak tawaran dari negara lain, Sidoel menilai Cordoba CF sebagai klub yang tepat untuk mengembangkan karier. Dia pun optimis bisa menembus skuat utama tim asuhan Juan Sabas.

"Saya sangat senang berada di sini. Ketika saya tahu ada minat dari Cordoba, hal pertama yang saya lakukan adalah mencari info soal klub dan kotanya. Semuanya begitu sempurna untuk bermain sepak bola, jadi saya sangat bahagia," ungkap Sidoel kepada media lokal setempat.

Cordoba CF kerap wara-wiri di LaLiga. Terakhir mereka berkompetisi di kasta tertinggi Liga Spanyol pada musim 2014/2015.

Beberapa klub ternama Spanyol pun sempat kesulitan jika bertemu Cordoba FC. Real Madrid salah satunya. Meski menang 2-1 di markas Los Califas pada Januari 2015, megabintang Los Blancos saat itu Cristiano Ronaldo bahkan harus diusir dari lapangan karena frustasi tidak mendapatkan banyak peluang untuk mencetak gol.

Sejumlah pemain hebat pun pernah berseragam Cordoba FC, sebut saja mantan pelatih Timnas Spanyol, Vicente del Bosque dan dua pemain yang pernah bersinar bersama Arsenal, Jose Antonio Reyes dan Lauren.

"Cordoba CF adalah klub yang hebat meski tidak berada di kompetisi yang terbaik, tapi ambisi saya dan klub sama. Saya akan memulain berlatih dengan pikiran yang positif agar siap menghadapi kompetisi," sambungnya.

Ambisi Masuk Skuat Timnas Indonesia

Darren Sidoel memulai kariernya di sepak bola saat bergabung dengan akademi ADO Den Haag. Bakatnya kemudia mencuri perhatian talent scouting Ajax Amsterdam hingga masuk tim U-23.

Setelah hengkang dari Ajax, Sidoel merapat ke klub Inggris, Reading pada tahun 2018. Setahun kemudian, dia menerima pinangan dari tim Bulgaria yakni Arda Kardzhali dengan catatan 15 pertandingan pada musim 2019/2020.

Nama Darren Sidoel sempat masuk list Kementrian Pemuda dan Olahraga Kemenpora (Kemenpora) sebagai pesepakbola keturunan yang bisa dinaturalisasi.

Sidoel punya darah keturunan Indonesia dari kakek buyutnya yang berasal dari Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Pemain yang juga bisa bermain di bek kanan ini pun masih memiliki ambisi memperkuat Timnas Indonesia di waktu yang akan datang.

"Saya bisa bermain untuk Indonesia karena keluarga saya berasal dari sana. Kami sudah melakukan pembicaraan, tetap belum membuat keputusan. Masih ada kemungkinan saya bisa berseragam Timnas Indonesia di masa depan," pungkas Darren Sidoel.