Liga Indonesia

Apa Kabar Edi Kurnia? Mantan Penjaga Gawang Persib Bandung

Jumat, 14 Agustus 2020 18:04 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© dokumen pribadi Edi Kurnia
Mantan kiper Persib, Edi Kurnia (tengah). Copyright: © dokumen pribadi Edi Kurnia
Mantan kiper Persib, Edi Kurnia (tengah).

INDOSPORT.COM - Edi Kurnia, merupakan salah satu mantan penjaga gawang yang sempat memperkuat beberapa tim di Indonesia, di antaranya Persib Bandung. Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola profesional, apa kabar Edi Kurnia?

Edi Kurnia menuturkan, mengawali kariernya sebagai pemain sepak bola profesional dengan memperkuat PSB Bogor, kemudian Persikad Depok, Persib Bandung dan beberapa tim lainnya seperti PSMS Medan. 

Saat bergabung dengan Persib, Edi masuk di musim 2006, saat itu  sempat menjadi kiper kedua setelah Kosin Hathairattanakool.

Setelah menjadi bagian dari tim kebanggaan Bobotoh, kemudian pada musim 2009 ia memperkuat Persikabo Bogor setelah itu ke Bontang, PSMS Medan, Pelita Bandung Raya dan mengakhiri kariernya di tim Madura United.

"Saya pertama di PSB 2003-2004, terus 2005 Persikad Depok, 2006-2008 Persib Bandung, terus 2009 Persikabo, 2010 Bontang, 2011 PSMS Medan, 2012 Pelita Bandung Raya, 2013 Persikabo lagi, Perssu Sumenep 2014, Madura United 2015 terakhir," kata Edi kepada INDOSPORT.

Setelah memutuskan untuk gantung sepatu, Edi mengaku aktivitasnya masih berada di lingkungan sepak bola, yakni sebagai pelatih. Menurutnya, karier sebagai pelatih sudah dijalankan olehnya sekitar tiga tahun.

Saat ini, Edi menjadi salah satu staf pelatih di Akademi Persib yang ada di Bogor. Akademi milik tim Maung Bandung tersebut, baru membuka cabang di Bogor beberapa bulan lalu, setelah hadir di beberapa Kota dan Kabupaten Jawa Barat lainnya.

"Kalau saya sekarang biasa gak bisa lepas dari sepak bola, masih berkutik di sepak bola. Sekarang itu ngelatih di Akademi Persib Bandung cabang Bogor," ucap pria berusia 36 tahun ini.

"Kalau terjun sebagai pelatih  pas 2017 - 2018-an kalau gak salah. Dulu pernah di Persikabo, Mutiara FC, sekarang di Akademi Persib," jelas Edi.

Menurut Edi, Bogor memiliki potensi pesepakbola yang sangat bagus. Sehingga, saat ini ia fokus melakukan pembinaan pemain usia muda di wilayah Bogor, dengan harapan ke depannya mereka bisa menjadi pemain sepak bola profesional. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%