Bola Internasional

Mereka Pemilik Nomor Punggung 8 Terbaik Sepanjang Masa

Jumat, 14 Agustus 2020 00:10 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Berikut sejumlah bintang sepak bola hebat dunia yang terkenal dengan kaos bernomor punggung 8, identitas kebangaannya di lapangan hijau. Copyright: © Getty Images
Berikut sejumlah bintang sepak bola hebat dunia yang terkenal dengan kaos bernomor punggung 8, identitas kebangaannya di lapangan hijau.

INDOSPORT.COM - Berikut sejumlah bintang sepak bola hebat dunia yang terkenal dengan kaos bernomor punggung 8, identitas kebangaannya di lapangan hijau.

Meski tidak sepopuler nomor 7, 9, dan 10, angka 8 juga menempati posisi penting di era sepak bola modern. Mereka yang memiliki nomor ini pada umumnya bertugas sebagai gelandang yang membantu memecah kerumitan di lini tengah dan membantu serangan.

Selain itu, para pemain dengan nomor 8 juga berkemampuan menyeimbangkan keahliannya menjebol gawang dan memberi assist untuk rekan-rekannya mencetak gol.

Biasanya, mereka juga memiliki bakat dribel yang ciamik menembus barisan lawan yang ketat dan sempit, lalu memberi bola ke penyerang atau menembaknya langsung dari jarak jauh.

Steven Gerrard (Liverpool) dan Frank Lampard (Chelsea) mungkin hanya dua dari sekian pemain bernomor punggung 8 paling ternama sepanjang masa.

Bergabung dengan The Reds senior pada tahun 1998, Steven Gerrard dianugerahi peran sebagai kapten pada 2003 dan menjadi salah satu ikon pencetak gol yang berasal dari lini tengah.

Ia memiliki tendangan kaki kanan yang mengerikan dan sudah berkali-kali menciptakan gol luar biasa. Ia juga bermain sangat apik sebagai deep-lying midfielder dengan akurasi operan dan visi yang tinggi.

Momen terbaiknya bersama Liverpool adalah memenangkan gelar Liga Champions 2005 di Istanbul, Turki. Pria yang juga akrab disapa Stevie G tersebut berhasil membuka skor untuk timnya sekaligus menjadi penyemangat rekan-rekannya di lapangan.

Namun sayangnya, selama perjalanan 17 kariernya bersama The Reds, ia belum sekali pun memenangkan Liga Inggris, gelar yang sudah dinanti klub asal Merseyside tersebut sejak tahun 1990.

Di sisi lain, mantan rekan Gerrard di Timnas Inggris, Frank Lampard, juga seorang pemain bernomor punggung 8 legendaris sepanjang masa. Maestro The Blues ini merupakan gelandang box-to-box yang kreatif dan salah satu yang terbaik dalam sejarah Liga Inggris.

Meski sama-sama menjadi ikon nomor punggung 8, nasib Lampard ternyata sedikit lebih baik ketimbang Gerrard. Ia sudah pernah meraih trofi liga sebanyak tiga kali selama berseragam Chelsea.

Kini, Lampard kembali mengabdi untuk The Blues sebagai pelatih kepala. Ini adalah kali kedua baginya menukangi klub sepak bola setelah pertama terjun sebagai juru taktik pada tahun 2018 di Derby County.

Nah, selain Steven Gerrard dan Frank Lampard, dilansir dari Sportskeeda, berikut bintang sepak bola dunia yang layak dinobatkan sebagai pemilik nomor punggung 8 legendaris sepanjang masa.