Liga Indonesia

Tak Mau Buru-buru, Persib Tingkatkan Fisik Pemain Secara Bertahap

Jumat, 14 Agustus 2020 08:21 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Media Officer Persib
Persib Bandung fokus meningkatkan kondisi fisik pemainnya secara bertahap, untuk persiapan mengarungi lanjutan kompetisi Liga 1 2020. Copyright: © Media Officer Persib
Persib Bandung fokus meningkatkan kondisi fisik pemainnya secara bertahap, untuk persiapan mengarungi lanjutan kompetisi Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung fokus meningkatkan kondisi fisik pemainnya secara bertahap, untuk persiapan mengarungi lanjutan kompetisi Liga 1 2020, yang akan digulirkan kembali pada 1 Oktober mendatang.

Menurut palatih fisik Persib, Yaya Sunarya, pada pekan pertama skuat Maung Bandung hanya berlatih selama empat hari. Hal itu dilakukan, agar pemain bisa beradaptasi lebih dulu dengan program latihan bersama, setelah sebelumnya aktivitas tim diliburkan sejak Maret lalu.

Yaya menuturkan, sebelumnya tim kebanggaan Bobotoh akan berlatih pada Juli. Namun rencana tersebut batal digelar dengan berbagai pertimbangan. Akibatnya, skuat Maung Bandung baru bisa menggelar latihan pada 10 Agustus 2020.

"Syukur Alhamdulillah, rencana kita mau menggelar latihan akhirnya terlaksanakan, meskipun programnya sedikit meleset karena rencananya Juli, tapi terlaksana di Agustus awal."

"Kita buat program bulan Juli, sama seperti bulan Oktober, tapi sekarang lebih spesifik lagi, sedikit padat tapi tidak mengurangi persiapan kita agar pemain bisa melaksanakannya dengan bagus," ucap Yaya, Kamis (13/08/2020).

"Kemudian, memiliki recovery yang bagus dan tetap memiliki antusias untuk bisa menatap kompetisi di depan," ujar Yaya menambahkan.

Sebelum kick off Liga 1 2020, Persib memiliki persiapan sekitar dua bulan. Menurut Yaya, waktu tersebut akan dimaksimalkan oleh pelatih, Robert Rene Alberts, untuk mematangkan persiapan.

Apalagi, skuat Persib Bandung ingin mempertahankan trend positif dan menargetkan meraih gelar juara, pada kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia musim ini.

"Kita buat program selama dua bulan ini, setiap minggu akan selalu ada evaluasi setelah latihan. Tapi minggu satu sampai empat ada adaptasi training."

"Jadi dari jumlah latihan, misalnya di minggu pertama kita hanya ada empat kali latihan, yakni Senin, Selasa, Kamis, Jumat," katanya.

"Kemudian minggu kedua, kita akhirnya bertahap, hingga akhirnya akhir bulan kita bikin maintance untuk uji coba," pungkasnya.

Selama masa persiapan, tim kebanggaan Bobotoh akan menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung. Selain itu, stadion berkapasitas 38 ribu tersebut akan dijadikan homebase Persib Bandung saat mengarungi kompetisi Liga 1 2020.