Liga Spanyol

Bukan Pochettino, Legenda Belanda Ini Diprediksi Jadi Pelatih Barcelona

Sabtu, 15 Agustus 2020 14:48 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© FC Barcelona
Tak cuma Mauricio Pochettino, raksasa laLiga Spanyol, Barcelona bisa dapatkan jasa Ronald Koeman sebagai pengganti Quique Setien. Copyright: © FC Barcelona
Tak cuma Mauricio Pochettino, raksasa laLiga Spanyol, Barcelona bisa dapatkan jasa Ronald Koeman sebagai pengganti Quique Setien.

INDOSPORT.COM - Usai kegagalannya di Liga Champions dan LaLiga Spanyol, Barcelona langsung memecat jasa Quique Setien selaku pelatihnya. Tak cuma datangkan Mauricio Pochettino selaku pengganti, ada sosok lain yakni legenda Timnas Belanda.

Aksi sepak terjang Setien selama menukangi El Barca tergolong hanya seumur jagung usai hasil yang sangat mengecewakan. Bagaimana tidak? Diharapkan bisa gantikan peran serta Ernesto Valverde, eks juru latih Real Betis ini justru buat kacau performa tim yang sudah disusun sedemikian rupa.

Kehilangan Copa del Rey dan LaLiga Spanyol awalnya bisa ditolerir dengan dalih kemenangan Liga Champions. Alih-alih bisa membuktikan tempatnya, ia malah alami kejadian mengenaskan kala Bayern Munchen menghabisi Barcelona dengan skor telak 2-8, Sabtu (15/08/20).

Menorehkan catatan buruk kekalahan terbesar sepanjang sejarah klub di pentas Eropa, tak butuh waktu lama Setien langsung dipecat. Melansir laman berita Sportsmole, ada dua kandidat pengganti yakni eks pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, dan Ronald Koeman, legenda Timnas Belanda.

Semenjak dipecat oleh The Lilywhites bulan November lalu, Pochettino belum mendapat tawaran untuk menukangi tim baru. Memiliki pengalaman lebih baik usai membantu Tottenham Hotspur meringsek ke babak final Liga Champions buatnya layak jadi kandidat kuat pelatih anyar Barcelona.

Tak jauh berbeda, mereka juga punya kesempatan untuk amankan jasa Koeman yang cukup kompeten untuk tukangi Azulgrana gantikan Setien. Pernah menyandang sebagai legenda klub, pengalaman mantan bek ini cukup menjanjikan usai berbagai hasil manis di tingkat klub dan Timnas Negeri Kincir Angin.

Ya, Koeman yang jadi pelatih banyak tim sepak bola divisi seperti Ajax Amsterdam, Feyenoord, Southampton, dan Everton punya segudang pengalaman menjanjikan. Selain itu ia juga punya kemampuan di panggung yang lebih tinggi yakni sebagai pelatih Timnas Belanda hingga saat ini.

Selepas Setien tak lagi berada pada kursi kepelatihan Barcelona, baik Mauricio Pochettino atau Ronald Koeman kemungkinan besar bakal mengisi posisi lowong tersebut. Kedatangan pelatih anyar ini pun diharapkan bisa mengukuhkan kembali kengerian Azulgrana sebagai tim ditakuti seantero Eropa.