Liga Inggris

Kalahkan Trio Liverpool, Kevin de Bruyne Jadi Pemain Terbaik Liga Inggris

Minggu, 16 Agustus 2020 17:40 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Getty Images
Gelandang Manchester City, Kevin de Bruyne, terpilih menjadi pemain terbaik Liga Inggris 2019/2020 mengalahkan trio pemain Liverpool. Copyright: © Getty Images
Gelandang Manchester City, Kevin de Bruyne, terpilih menjadi pemain terbaik Liga Inggris 2019/2020 mengalahkan trio pemain Liverpool.

INDOSPORT.COM – Gelandang Manchester City, Kevin de Bruyne, terpilih menjadi pemain terbaik Liga Inggris 2019/2020 mengalahkan trio pemain Liverpool.

Manchester City memang gagal mempertahankan gelar juara Liga Inggris, dengan harus merelakan Liverpool menjadi juara musim 2019/2020. Finis di peringkat kedua, The Citizens memiliki jarak yang cukup jauh dari The Reds, tepatnya 18 angka.

Meski demikian, tim asuhan manajer Pep Guardiola itu patut berbangga diri. Pasalnya, gelandang andalan mereka yakni Kevin de Bruyne resmi terpilih menjadi pemain terbaik Liga Inggris 2019/2020 alias Player of the Season.

Tidak tanggung-tanggung, gelandang asal Belgia itu bahkan berhasil menyingkirkan trio Liverpool yang sama-sama menjadi kandidat, yakni Sadio Mane, Jordan Henderson, dan Trent Alexander-Arnold.

Meski gagal membawa Manchester City menjadi juara, penampilan Kevin de Bruyne musim ini memang terbilang istimewa. Dari 35 pertandingan yang dijalaninya di Liga Inggris, ia berhasil mencetak 13 gol dan memberikan 20 assist.

Catatan assist-nya itu pun menyamai rekor assist terbanyak Liga Inggris dalam semusim, yang dicetak legenda Arsenal yakni Thierry Henry pada musim 2002/2003.

Di sisi lain, trio Liverpool pun tampil tidak kalah gemilang. Sadio Mane mencetak 18 gol dan 7 assist, Jordan Henderson menjadi sosok tak tergantikan di lini tengah, sedangkan Trent Alexander-Arnold sukses dinobatkan sebagai pemain muda terbaik musim ini.

Selain nama-nama di atas, tiga nama lain yang juga menjadi kandidat pemain terbaik Liga Inggris musim ini adalah Jamie Vardy yang meraih gelar pencetak gol terbanyak, Danny Ings sang pencetak gol terbanyak kedua, serta Nick Pope yang merupakan penjaga gawang Burnley.

Menariknya, hasil ini merupakan kebalikan dari dua musim sebelumnya. Ketika itu, Kevin de Bruyne membawa Manchester City juara Liga Inggris, namun harus merelakan gelar pemain terbaik jatuh ke tangan Virgil van Dijk (2018/2019) dan Mohamed Salah (2017/2018).

De Bruyne masih berpeluang meraih gelar lagi karena ia juga menjadi nominasi untuk Pemain Terbaik Pilihan Fans alias Premier League Fans' Player of the Year.