Liga Europa

Data dan Fakta Jelang Duel Inter Milan vs Shakhtar Donetsk di Liga Europa

Senin, 17 Agustus 2020 13:44 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Photo by Martin Meissner/Pool via Getty Images
Duel seru akan tersaji di semifinal Liga Europa 2019-2020 antara Inter Milan menghadapi Shakhtar Donetsk di Spiel Arena, Dusseldorf, Jerman, Selasa (18/08/20). Copyright: © Photo by Martin Meissner/Pool via Getty Images
Duel seru akan tersaji di semifinal Liga Europa 2019-2020 antara Inter Milan menghadapi Shakhtar Donetsk di Spiel Arena, Dusseldorf, Jerman, Selasa (18/08/20).

INDOSPORT.COM - Duel seru akan tersaji di semifinal Liga Europa 2019-2020 antara Inter Milan menghadapi Shakhtar Donetsk di Spiel Arena, Dusseldorf, Jerman, Selasa (18/08/20) dini hari WIB. 

Inter Milan lolos ke babak semifinal Liga Europa usai menang tipis 2-1 atas Bayer Leverkusen. Sedangkan Shakhtar Donetsk membantai Basel dengan skor 4-1.

Oleh sebab itu, Inter Milan tak bisa menganggap remeh wakil dari Ukraina tersebut di babak semifinal. Jika lengah, maka Shakhtar Donetsk akan membuat kejutan.

Kompetisi Liga Eropa menjadi satu-satunya harapan Inter yang masih tersisa untuk meraih trofi pada musim ini. Nerazzurri finish di urutan kedua dengan total 82 poin, selisih satu angka dari Juventus sang peraih scudetto. 

Berikut ini kami rangkum data dan fakta jelang duel Inter Milan vs Shakhtar Donetsk di semifinal Liga Europa.

Inter Milan

Inter Milan memiliki rekor bagus tiap berjumpa tim asal Ukraina. Dari delapan pertemuan, mereka menang 5 kali, seri 3 kali, dan tak pernah kalah dengan torehan 13-7 gol. 

Klub Ukraina terakhir yang berjumpa Inter adalah Dnipro di fase grup Liga Europa. I Nerazzuri kala itu menang 1-0 tandang dan 2-1 kandang. 

Saat ini Romelu Lukaku menjadi pemain Inter Milan paling subur di Liga Europa dengan torehan empat gol. Semantara assist terbanyak dibagi rata keempat pemain, yakni Lukaku, Young, Eriksen, dan Bastoni (masing-masing satu). 

Inter Milan memiliki sejarah yang bagus di Liga Europa/Piala UEFA di mana mereka suskes memenangi tiga gelar. Inter Milan total tujuh kali merasakan fase semifinal Liga Europa (4 lolos, 3 tersingkir). 

Shakhtar Donetsk

Shakhtar Donetsk memiliki rekor pertemuan yang buruk melawan tim-tim asal Italia. Dari total 24 pertemuan, mereka menderita 15 kekalahan dan hanya meraih tujuh kemenangan serta dua kali seri. 

Shakhtar sendiri musim ini dua kali berjumpa tim Italia, yakni Atalanta di mana mereka menang 2-1 (tandang) dan kalah 0-3 di kandang. 

Satu hal yang patut diwaspadai Inter terkait Shakhtar adalah kemampuan mencetak gol. Sejak babak 32 besar, tim arahan Luis Castro ini menunjukkan diri sebagai tim yang produktif.

Shakhtar total mencetak lima gol (2-1, 3-3) dalam dua pertemuan kontra Benfica di 32 besar. Mereka lantas melibas Wolfsburg 5-1 (2-1, 3-0) dalam dua leg di babak 16 besar. 

Selain itu, Shakhtar Donetsk belum terkalahkan di lima pertandingan terakhir di kompetisi Liga Europa musim ini dengan rincian empat kemenangan dan satu imbang.