Liga Indonesia

Liga 1 2020 Tanpa Degradasi, Pelatih Persita Siapkan Rencana Khusus

Senin, 17 Agustus 2020 19:53 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 Persita Tangerang, Widodo Cahyono Putro. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 Persita Tangerang, Widodo Cahyono Putro.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persita Tangerang, Widodo Cahyono Putro telah menyiapkan rencana untuk menghadapi lanjutan Liga 1 2020 yang digelar tanpa sistem degradasi. Ia akan memanfaatkan potensi para pemain lokal agar tim bisa seimbang.

Rencana Widodo tersebut tak lepas dari regulasi Liga 1 2020 yang nantinya mengizinkan lima kali pergantian pemain. Oleh sebab itu, pelatih asal Cilacap, Jawa Tengah itu tak ingin memforsir tenaga para pemain, apalagi mereka bermain di tengah pandemi yang masih berlangsung.

"Saya tetap akan maksimalkan pemain lokal jika tak ada asing (jika asing tak kembali). Lokal ini buat persiapan kompetisi tahun depan," bukanya.

"Bukan meremehkan kompetisi tahun ini (karena tanpa degradasi) tapi kita lihat situasi juga, karena kita semua juga perang lawan pandemi. Harus saling menjaga, kemungkinan banyak rotasi biar jaga stamina, tetap bagus karena siapa yang bertanggung jawab nantinya," imbuh Widodo.

Menyoal lanjutan Liga 1 2020 pada Oktober nanti, Widodo mengajukan syarat yang tak bisa ditawar. Ia mengingatkan PSSI, klub dan operator kompetisi agar tak lalai menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

"Saya menegaskan hal ini karena pertandingan jadwalnya akan sangat padat. Maka protokol kesehatan harus benar-benar konsisten, karena pemain pulang ke rumah atau apartemen pasti ketemu banyak orang," tegasnya.

Persita Tangerang rencananya mengumpulkan pemain dan latihan mulai pertengahan bulan ini. Namun, manajemen juga masih menunggu keputusan regulasi (yang mengalami perubahan) dari PSSI.