Liga Spanyol

Usai Pecat Setien, Barcelona Tunjuk Ronald Koeman Jadi Manajer Baru

Senin, 17 Agustus 2020 20:13 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© TF-Images/Getty Images
Ronald Koeman dikabarkan resmi menakhodai Lionel Messi dan kawan-kawan di Barcelona. Copyright: © TF-Images/Getty Images
Ronald Koeman dikabarkan resmi menakhodai Lionel Messi dan kawan-kawan di Barcelona.

INDOSPORT.COM - Barcelona tampaknya telah menemukan manajer baru, usai memecat Quique Setien. Legenda Timnas Belanda dan juga La Blaugrana, Ronald Koeman, dikabarkan resmi menakhodai Lionel Messi dan kawan-kawan.

Sebelumnya, media ternama Spanyol Marca telah mengatakan bahwa Ronald Koeman muncul sebagai calon utama untuk menggantikan manajer Quique Setien yang telah dipecat Blaugrana beberapa waktu lalu.

Quique Setien sendiri didepak dari kursi kepelatihan Barcelona menyusul kegagalan mereka merebut gelar La Liga Spanyol musim ini dari tangan rival bebuyutan, Real Madrid.

Selain itu, hasil buruk usai dipermalukan 2-8 oleh Bayern Munchen di babak perempatfinal Liga Champions menjadi alasan utama sang pelatih harus angkat kaki dari Camp Nou.

“Ronald Koeman terlihat di foto di bandara Barcelona pada hari Minggu (waktu setempat),” tulis keterangan dalam laman Marca.

Dan kini, salah satu jurnalis kawakan asal Italia, Fabrizio Romano mengabarkan bahwa Barcelona telah resmi menjadikan Ronald Koeman sebagai manajer baru mereka.

"Ronald Koeman telah ditunjuk sebagai manajer baru Barcelona," tulis Fabrizio, yang memang dikenal dengan keakuratannya dalam bursa transfer klub Eropa.

"Dia akan tinggalkan Timnas Belanda dan bergabung ke Barcelona. Pernyataan resmi dari pihak klub akan dikabarkan pada minggu ini," tambahnya.

Ronald Koeman sendiri bukan orang baru di tubuh Barcelona. Dirinya sempat membela skuat Camp Nou pada tahun 1989 hingga 1995. Selain itu, ia juga sempat menjadi asisten pelatih Frank Rijkaard pada tahun 1998 hingga 2000.