Liga Indonesia

Bhinneka Tunggal Ika dan Cinta Spasojevic untuk Indonesia

Selasa, 18 Agustus 2020 08:22 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Bintang klub Liga 1 Bali United, Ilija Spasojevic menceritakan alasannya mantap melalui proses naturalisasi menjadi Warga Negera Indonesia (WNI). Copyright: © INDOSPORT
Bintang klub Liga 1 Bali United, Ilija Spasojevic menceritakan alasannya mantap melalui proses naturalisasi menjadi Warga Negera Indonesia (WNI).

INDOSPORT.COM - Bintang klub Liga 1 Bali United, Ilija Spasojevic menceritakan alasannya mantap melalui proses naturalisasi menjadi Warga Negera Indonesia (WNI).

Sekadar informasi, sebelum resmi menjadi WNI pada 2017 lalu, Spasojevic merupakan warga Montenegro. Ia memulai petualangannya sebagai pemain sepak bola di Indonesia pada 2011 lalu dengan memperkuat tim Bali Devata.

Sejak memperkuat Bali Devata itulah kecintaan Spasojevic pada Indonesia terus bertambah. Hingga ia pun akhirnya merasa bahwa Tanah Air adalah tempat yang ingin ia tinggali sampai akhir hayat.

"Ya, saya pikir ketika mulai berkarier di Indonesia, semua orang ramah dengan saya. Semua orang tersenyum dan saling membantu. Pada waktu itu Tahun 2012 saya memutuskan bahwa saya mau menjadi warga negara Indonesia."

"Hingga akhirnya tahun 2017, saya resmi naturalisasi menjadi warga negara Indonesia," ujar Spasojevic seperti dikutip dari situs resmi Bali United.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ilija Spasojević (@spaso_87) on

Lebih dari itu, Spasojevic juga mengatakan falsafah hidup orang Indonesia, yakni Bhinneka Tunggal Ika sangat membuatnya kagum. Bukan tanpa sebab memang mengingat negara asal Spasojevic sebelumnya mengalami perpecahan.

"Saya melihat semboyan negara Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika sepeti Unity in Diversity. Saya suka cara hidup seperti itu. Saya datang dari negara yang terpecah dan melihat Indonesia berbeda."

"Banyak agama, suku, budaya, pulau, bahasa dan perbedaan lainnya. Tapi semua perbedaan itu menjadi satu dalam merah putih," pungkas mantan penyerang Persib Bandung itu.

Perlu diketahui, Spasojevic merupakan salah satu pemain naturalisasi yang sudah punya segudang prestasi. Ia tercatat sudah dua kali meraih gelar juara Liga 1, yakni bersama Bhayangkara FC (2017) dan Bali United (2019).