Liga Spanyol

Barcelona Revolusi Besar, Bartomeu Sebut Messi Bagian Proyek Koeman

Rabu, 19 Agustus 2020 14:43 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Barcelona lakukan revolusi besar-besaran, Josep Maria Bartomeu sebut jika Lionel Messi akan jadi bagian proyek kepelatihan Ronald Koeman jelang LaLiga Spanyol lanjutan. Copyright: © INDOSPORT
Barcelona lakukan revolusi besar-besaran, Josep Maria Bartomeu sebut jika Lionel Messi akan jadi bagian proyek kepelatihan Ronald Koeman jelang LaLiga Spanyol lanjutan.

INDOSPORT.COM - Josep Maria Bartomeu mengatakan secara gamblang jika raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona akan melakukan revolusi besar jelang musim depan. Ia pun kini memasukan nama Lionel Messi sebagai bagian proyek Ronald Koeman.

Sejak berakhirnya musim 2019-2020, El Barca harus mengalami kenyataan pahit tak mampu menangkan satu pun trofi seperti halnya saat dulu ditukangi Frank Rijkaard beberapa tahun lalu. Bayangkan saja, menggantikan pelatih dari Ernesto Valverde ke Quique Setien tak membawa perubahan berarti.

Catalan justru mengalami malu luar biasa ketika kalah secara sadis 2-8 di Liga Champions lawan Bayern Munchen, usai sebelumnya kehilangan gelar LaLiga Spanyol yang direbut oleh Real Madrid. Berbagai kegagalan itu pun berimbas muaknya Lionel Messi yang kian dekat angkat kaki dari Camp Nou usai menolak perpanjangan kontrak.

La Pulga menuding harus ada perubahan besar dalam kubu Blaugrana dan tentu saja akhirnya dikabulkan oleh Bartomeu selaku presidennya. Lewat penggantian Setien dengan Koeman, orang nomor satu Barcelona kini cukup yakin Messi akan menetap setelah akan lakukan perubahan besar-besaran.

"Ronald Koeman akan menjadi pelatih Barcelona, dan jika lancar ia akan memimpin klub musim depan. Tanpa ragu lagi Messi akan melanjutkan kerjasamanya di Barca sehingga dia akan menjadi bagian proyek Koeman kelak," ucap Bartomeu dilansir Barca Universal.   

"Ada beberapa pemain yang akan mengakhiri karier meskipun sudah memberikan yang terbaik bagi klub, saya secara pribadi akan mengucapkan terima kasih atas jasa-jasanya. Setelah kandas di Anfield (kalah lawan Liverpool 2019), kami sudah berikan kesempatan untuk berkembang, tapi sekarang tak ada toleransi lagi," imbuhnya.

Termasuk Messi ada enam pemain yang urung untuk dijual seperti Marc Andre ter Stegen, Antoine Griezmann, Clement Lenglet, Ousmane Dembele, Nelson Semedo, dan Frenkie de Jong sebagai bagian dari revolusi. Revolusi Tak berhenti sampai disitu, Eric Abidal pun juga telah dipecat dari posisinya sebagai direktur olahraga.

Kabarnya juga akan ada pemilu presiden Barcelona yang berikutnya untuk gantikan Bartomeu. Dengan berbagai perubahan disana-sini mulai dari pelatih baru Koeman dan tersingkirnya para pemain lain cukup membuktikan jika salah satu klub LaLiga Spanyol ini memang terlihat belum mau kehilangan Lionel Messi.