Liga Indonesia

Susul Septian David, Bek PSIS Raih Gelar Sarjana

Rabu, 19 Agustus 2020 08:05 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Pemain belakang klub Liga 1 PSIS Semarang, Riyan Ardiyansyah telah berhasil menyelesaikan skripsi dan diuji di hadapan dosen pembimbing. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Pemain belakang klub Liga 1 PSIS Semarang, Riyan Ardiyansyah telah berhasil menyelesaikan skripsi dan diuji di hadapan dosen pembimbing.

INDOSPORT.COM – Pemain belakang klub Liga 1 PSIS Semarang, Riyan Ardiyansyah telah berhasil menyelesaikan skripsi dan diuji di hadapan dosen pembimbing pada Kamis (06/08/20) lalu.

Mantan pemain Persiwa Wamena ini menghadapi ujian skripsi secara virtual karena tengah dalam situasi pandemi virus corona.

Usai sidang pada dua pekan lalu, pria asal Pati ini juga baru saja menyelesaikan revisi dari dosen pembimbingnya untuk segera mengurus berkas yudisium.

Riyan selama ini tercatat sebagai mahasiswa jurusan Konsentrasi Kepelatihan Olahraga (KKO) di Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Ia menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri milik pemerintah tersebut sejak tahun 2016 lalu.

Saat dihubungi redaksi berita olahraga INDOSPORT, pemain yang bergabung bersama PSIS sejak awal Liga 1 2019 ini mengucapkan syukur karena telah berhasil menyelesaikan pendidikan S1 di tengah kesibukannya sebagai pesepak bola profesional.

“Alhamdulillah sidang skripsi dan revisi berjalan lancar dan saat ini sudah dinyatakan lulus. Revisian juga sudah beres setelah dapat tanda tangan lima dosen penguji,” ujar Riyan, Selasa (18/08/20).

“Ini tinggal urus berkas syarat buat yudisium saja, doakan semuanya lancar dan cepat wisuda,” imbuh mantan kapten Timnas Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa (PPLM) tersebut.

Sebelumnya, bek kanan PSIS ini memang pernah mengatakan bahwa ia ingin segera menyelesaikan skripsinya untuk bekal memperoleh gelar sarjana supaya bermanfaat di masa depan.

Libur kompetisi Liga 1 akibat pandemi virus corona membuat Riyan memanfaatkan momen tersebut untuk menyelesaikan skripsi.

Tak hanya Riyan, beberapa waktu lalu pemain PSIS di Liga 1 lainnya yakni Septian David Maulana juga baru saja memperoleh gelar sarjana pendidikan. Jika Riyan di UNJ, Septian David menyelesaikan pendidikan S1nya di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan menempuh pendidikan kepelatihan olahraga di FIK UNY.