Bola Internasional

Bisa Jadi Tim Terbaik di Dunia, Ini Starting XI Sao Paulo jika Tak Jual Pemainnya

Jumat, 28 Agustus 2020 19:43 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas
© INDOSPORT
Starting XI mengerikan Sao Paulo jika tak jual atau melepas pemain bintangnya Copyright: © INDOSPORT
Starting XI mengerikan Sao Paulo jika tak jual atau melepas pemain bintangnya

INDOSPORT.COM – Brasil adalah gudangnya pesepak bola hebat. Hal tersebut tercermin dari kehebatan timnas-nya yang mampu menjuarai Piala Dunia sebanyak lima kali hingga kehebatan setiap klub lokalnya yang mampu memproduksi nama besar, salah satunya Sao Paulo.

Pecinta sepak bola tentu akrab dengan skuat Brasil kala melakoni Piala Dunia 2002. Kala itu, tim Selecao mampu keluar sebagai juara Piala Dunia yang berlangsung di Jepang dan Korea Selatan.

Brasil kala itu dihuni pemain-pemain berkelas seperti Ronaldo, Ronaldinho, Rivaldo, Kaka, Roberto Carlos dan lain-lainnya. Secara luar biasa, Selecao mampu melaju hingga partai final dan meraih trofi bergengsi tersebut.

Salah satu nama yang menonjol di skuat Brasil tersebut adalah Ricardo Kaka. Bagaimana tidak, Luis Felipe Scolari membawanya ke Piala Dunia 2002 kendati saat itu ia baru berusia 20 tahun dan baru menggenggam satu caps bersama Selecao.

Kehadirannya kala itu memang tak memiliki banyak imbas untuk Brasil yang memiliki sederet playmaker hebat. Namun kehadiran Kaka di Piala Dunia 2002 menjadi bukti tak habisnya talenta negeri samba.

Kaka sendiri pada Piala Dunia 2002 merupakan pemain Sao Paulo. Ia berhasil menembus tim utama dan kemudian menarik minat AC Milan hingga ia mampu menahbiskan diri sebagai pemain terbaik di dunia lewat Ballon d’Or 2007.

Melihat rekam jejak Kaka, tentu tak lepas dari peran Sao Paulo yang membinanya di usia muda. Tim asal Brasil ini memang dikenal sebagai salah satu penghasil pemain jempolan.

Tak terhitung berapa banyak pemain yang lahir dari Sao Paulo. Andaikan tak dilepas, bukan tidak mungkin tim berjuluk Soberano akan menjadi tim terbaik di dunia saat ini.

Berikut 11 pemain yang bisa membawa Sao Paulo mendunia jika tak dilepas ataupun dijual.

Kiper: Ederson

Pria bernama lengkap Ederson Moraes ini merupakan penggemar Sao Paulo sejak kecil. Bahkan dia mengakui mengidolai kiper legendaris tim idolanya, Rogerio Ceni. Namun kecintaannya ke Sao Paulo tak berujung indah setelah dirinya dilepas kendati baru semusim bergabung di usia muda.

Bek Kanan: Eder Militao

Eder Militao menjadi salah satu produk terbaik Sao Paulo. Pria yang kini membela Real Madrid tersebut setidaknya tampil sebanyak 57 kali bagi Soberano. Usai tampil hebat bersama Sao Paulo, ia diboyong ke Portugal oleh Porto sebelum akhirnya ditebus oleh Real Madrid pada 2019.

Bek Tengah: Rafael Toloi

Mungkin nama Rafael Toloi terdengar asing bagi pecinta sepak bola. Namun jika melihat kehebatan Atalanta musim ini di Serie A dan Liga Champions, ada peran hebatnya di lini pertahanan. Siapa sangka kehebatannya tersebut diasah bersama Sao Paulo dengan total penampilan 103 kali bagi Soberano.

Bek Tengah: Miranda

Miranda menahbiskan namanya sebagai bek hebat saat tampil brilian bersama Atletico Madrid. Namanya kian diakui saat dirinya berlabuh ke Inter Milan. Kehebatannya pun tak didapat dengan mudah. Setelah menjalani masa sulit, ia menemukan potensinya saat bersama Sao Paulo sebelum dilepas ke Atletico.

Bek Kiri: David Luiz

Sejatinya David Luiz adalah bek tengah. Namun ia mampu menempati beberapa posisi di lini belakang termasuk bek kiri saat membela Benfica. Kehebatannya mengisi berbagai lini belakang tak lepas dari sentuhan Sao Paulo. Sama seperti Ederson, dirinya tak mendapat tempat untuk berkembang sehingga dilepas ke Vitoria dan kemudia bergabung Benfica.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%