Bola Internasional

Ukir Sejarah, Park Hang-seo Dapat Penghargaan dari Pemerintah Vietnam

Jumat, 28 Agustus 2020 20:52 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Nguoi Dua Tin
Pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo, mendapatkan lencana kehormatan atas prestasinya mendongkrak kemajuan sepak bola Vietnam. Copyright: © Nguoi Dua Tin
Pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo, mendapatkan lencana kehormatan atas prestasinya mendongkrak kemajuan sepak bola Vietnam.

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo, dianugrahi penghargaan Order of Labour tingkat dua oleh pemerintah Vietnam Karena jasa besarnya.

Penghargaan itu diberikan oleh pemerintah Vietnam di markas Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) pada Kamis (27/8/2020). Menteri Nguyen Ngoc Thien yang memberikan lencana mengatakan kalau Park Hang-seo wajib dianugrahi penghargaan karena jasanya sangat besar.

"Bisa dibilang, sejak VFF memilih Pelatih Park Hang-seo sebagai pelatih kepala tim, sepak bola Vietnam telah mencapai banyak prestasi dan kemajuan penting. Kami tidak bisa tidak menghargai peran pelatih kepala," ujar Nguyen Ngoc Thien dilansir dari Zingnews.

Sementara itu, Park Hang-seo sangat beryukur dengan adanya perhatian besar dari pemerintah Vietnam. Ia berjanji akan semakin bersemangat dalam menjalankan tugas membuat Timnas Vietnam terus berprestasi.

Bahkan di masa pandemi virus corona yang menunda agenda timnas senior, ia langaung merubah rencana memanggil Vietnam U-22 untuk pemusatan latihan persiapan SEA Games 2021 mendatang.

"Saat ini virus corona sedang meluas, sepak bola domestik sedang bermasalah. Turnamen domestik dan internasional harus dihentikan atau ditunda. Namun, saya pribadi tidak berpikir saya boleh berdiri diam dalam menghadapi kesulitan," kata Park.

"Saya akan mengembangkan kemampuan saya, memanfaatkan waktu saya, mengikuti dan berinvestasi dalam sepak bola Vietnam. Saya akan terus mencari pemain untuk sepak bola Vietnam. Kami melakukan yang terbaik untuk mempertahankan kinerja tinggi saat situasi kembali," tuturnya menambahkan.

Diketahui, sejak dilatih oleh Park Hang-seo, timnas Vietnam menjelma menjadi pasukan berbahaya di Asia apalagi di wilayah ASEAN. Pada 2018 lalu, Park sukses membawa tinnas Vietnam U-23 menjadi runner-up Piala Asia U-23 di China.

Vietnam juga berhasil lolos ke semifinal ajang Asian Games 2018 yang digelar di Indonesia. Di tahun yang sama, mereka sukses menjuarai Piala AFF setelah menanti 10 tahun lamanya.

Prestasi terakhir yang Park Hang-seo torehkan adalah saat membawa pulang medali emas SEA Games 2019 di Filipina. Saat itu, Vietnam yang diperkuat Doan Van Hau berhasil menang telak 3-0 atas timnas Indonesia di laga final.