Liga Spanyol

Musuh Lionel Messi di Barcelona, Ini 5 Rekrutan 'Dosa' Era Bartomeu

Sabtu, 29 Agustus 2020 13:37 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kepergian Lionel Messi dari raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona kabarnya disebabkan oleh presiden klub, Josep Maria Bartomeu. Berikut lima transfer pemain 'dosa' era orang nomor satu di Catalan.

Kegagalan El Barca dalam meraih gelar juara liga domestik dan dipermalukan oleh Bayern Munchen di Liga Champions merupakan alasan lain dari Messi untuk tinggalkan Camp Nou. Sejatinya, ia merasa perlu hengkang karena tak adanya revolusi besar di klub, terutama kehadiran Bartomeu.

Semenjak gantikan Sandro Rosell yang terkena skandal pajak Neymar 2014 silam, sosok Bartomeu sempat buat Azulgrana berjaya hingga sukses menangi empat gelar LaLiga Spanyol dan berbagai trofi Copa del Rey. Sayangnya walaupun berkuasa di liga domestik, klub di bawah tangan dinginnya melempem di kancah Eropa.

Inilah jadi alasan utama Lionel Messi untuk pergi walaupun Barca telah memecat Eric Abidal selaku direktur olahraga dan menggantikan pelatih Quique Setien dengan Ronald Koeman. Bintang asal Argentina tersebut merasa muak dengan Bartomeu yang penuh akan kontroversi, baik itu di dalam dan luar lapangan.

Tak cuma itu karena prestasi berkutat di LaLiga Spanyol, musuh dari Messi ini sempat buat klub terpuruk dengan kedatangan lima pemain ini. Siapa saja mereka? Ini lima bintang gagal Barcelona yang datang di era Josep Maria Bartomeu dilansir Sportskeeda.

5. Ousmane Dembele (Rp2,3 triliun)

Bartomeu sempat menjadi tokoh sentral kedatangan Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund dengan nominal harga 138 juta euro (Rp2,3 triliun). Mahar besar yang digelontorkan olehnya itu cenderung berakhir sia-sia.

Winger ini diharapkan akan menggantikan kepergian Neymar ke PSG yang resmi dijual dengan harga 222 juta euro (Rp3,8 triliun). Alih-alih dapatkan pemain berkualitas, Dembele malah jarang terlihat di lapangan karena punya predikat Si Kaki Kaca karena rentan cedera.

Bayangkan saja, ia sudah melewatkan melewatkan 80 pertandingan termasuk LaLiga Spanyol! Punya performa menyedihkan, Bartomeu seolah enggan beri perintah untuk menjual lagi Dembele demi menutup kerugian.

4. Samuel Umtiti (Rp432 miliar)

Baru jalani laga debut di Timnas Prancis, Barcelona langsung kepincut dengan sosok Samuel Umtiti untuk benahi lini belakangnya. Dibeli dari Lyon dengan harga 25 juta euro (Rp432 miliar) 2016 lalu, bek ini awalnya cukup bagus dalam dua musim masa baktinya.

Akan tetapi semua berubah kala ia ditawari kontrak jangka panjang pada 2018 lalu, Umtiti malah kian mengecewakan hingga sudah melewatkan 45 pertandingan selama dua tahun ini karena masalah cedera. Sama seperti Dembele, penyebab cedera darinya masihlah suatu misteri.  

Gagal menjadi pengganti Javier Mascherano di Camp Nou, Samuel Umtiti kabarnya ditawarkan di West Ham serta Everton. Kejelian Ronald Koeman selaku pelatih anyar pun muncul setelah mengusir bek berusia 26 tahun tersebut.