In-depth

Manchester United, Donny van de Beek, dan Duet Maut dengan Ezra Walian

Senin, 31 Agustus 2020 12:51 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Marc Atkins/Getty Images
Merintis karier sejak belia di Ajax Amsterdam, pemain Belanda itu ternyata juga menjalin persahabatan dengan bintang Timnas Indonesia, Ezra Walian. Copyright: © Marc Atkins/Getty Images
Merintis karier sejak belia di Ajax Amsterdam, pemain Belanda itu ternyata juga menjalin persahabatan dengan bintang Timnas Indonesia, Ezra Walian.

INDOSPORT.COM - Manchester United disebut sudah menjalin kesepakatan dengan bintang Ajax Amsterdam Donny van de Beek. Merintis karier sejak belia di Ajax Amsterdam, pemain Belanda itu ternyata juga menjalin persahabatan dengan bintang Timnas Indonesia, Ezra Walian.

Donny van de Beek memang sudah lama menjadi bidikan Setan Merah dan juga beberapa klub raksasa Eropa lainnya. Namun pemain kelahiran 1997 itu dikabarkan memutuskan untuk bergabung dengan Manchester United dalam durasi kontrak lima tahun.

Manchester United memecah kebuntuan mereka dalam urusan merekrut pemain setelah menjalin kesepakatan dengan Donny van de Beek. Hijrah dari Ajax, striker 23 tahun itu tampil gemilang dengan mencetak 10 gol dari 37 penampilannya sepanjang musim 2019/20.

Donny van de Beek sendiri resmi bergabung dengan akademi sepak bola Ajax pada 2008 solam dan membuat debut pertamanya untuk klub di ajang Liga Europa melawan Glasgow Celtic pada 2015.

Semenjak musim 2017/18, Van de Beek hampir selalu menjadi pilihan utama di Ajax Amsterdam dan mengantarkan klub tersebut menembus babak semifinal Liga Champions musim 2018/19. Tak cuma gemilang di Ajax, Donny van de Beek juga dipercaya memperkuat Timnas Belanda senior sejal 2017 lalu.

Sama-sama dididik akademi sepak bola Ajax Amsterdam, Donny van de Beek pun menjalin kedekatan dengan bintang PSM Makassar, Ezra Walian. Bersama striker Timnas Indonesia itu, keduanya pernah bahu membahu saat memperkuat Ajax U-15 di ajang Lion Cup di Singapura pada 2012 silam.

Legenda Timnas Singapura, R Sisakumar, bahkan mengingat bagaimana dahsyatnya duet Donny van de Beek dan Ezra kala itu. Van de Beek dan Ezra memang sama-sama tak diturunkan sejak awal pertandingan oleh pelatih Michel Kreek.

Ajax U-15 yang tertinggal 0-2 di awal atas Manchester City U-16 pun berhasul membalikkan skor menjadi 4-2 untuk keunggulan Ajax.

"Beberapa jurnalis bertanya mengapa  dua pemain bintang itu (Van de Beek dan Ezra)? tak diturunkan saja sejak awal, lalu jawabannya karena ia harus memberikan waktu bermain yang seimbang untuk para pemain atau kehilangan pekerjaan," ujar Sasikumar seperti dilansir dari The Newpaper.