Liga Indonesia

Belajar dari Kasus Ezra Walian, PSSI Tak Mau Sembarang Naturalisasi

Jumat, 21 Agustus 2020 19:41 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Ezra Walian, saat membela Timnas Indonesia U-23. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Ezra Walian, saat membela Timnas Indonesia U-23.

INDOSPORT.COM - PSSI sepertinya akan lebih teliti bila memang harus mengambil langkah menaturalisasi pemain. Sebab PSSI tidak mau justru merugi bila hanya asal melakukan hal tersebut.

Isu naturalisasi memang belakangan menyeruak di kancah sepak bola Indonesia. Terlebih setelah kedatangan lima pemain muda asal Brasil.

Beredar kabar kedatangan kelima pemain tersebut sebagai rangkain proses naturalisasi sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Namun hal tersebut sudah dibantah PSSI melalui Direktur Teknik PSSI. Bahkan PSSI belajar dari kasus Ezra Walian dan tak mau asal naturalisasi.

Memang, kasus pindah kewarganegaraan Ezra ini bermasalah. Dalam hukum, penyerang yang kini memperkuat PSM Makassar itu telah sah menjadi Warga Negara Indonesia. Namun dalam urusan sepakbola, yang bersangkutan masih bermasalah karena Ezra sempat bermaindi Timnas Belanda U-17.

"Contoh kasus Ezra Walian, PSSI kenapa tidak urus? Tak bisa diurus karena urusannya harus menunggu dua tahun. Jadi jangan disalahkan juga PSSI kenapa nggak urus Ezra, karena rules-nya begitu," ucap Indra Sjafri.

Indra menilai dalam kasus ini PSSI tidak bisa berbuat apa-apa. Sebab memang ada dalam peraturan FIFA yang harus dipatuhi.

"Ada regulasi FIFA yang harus dipatuhi, jadi tak bisa sembarangan. Saat ini kita hanya bisa menunggu," tuturnya singkat.