Liga Indonesia

Shin Tae-yong: Saya Tidak Ada Pikiran Naturalisasi Pemain Brasil

Jumat, 21 Agustus 2020 15:57 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Naufal/PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, SHin Tae-yong. Copyright: © Naufal/PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, SHin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Pelatih Shin Tae-yong mengaku tidak pernah ada wacana untuk menggunakan pemain naturalisasi dalam skuat Timnas Indonesia. Baginya ia hanya tertarik menggunakan pemain yang memiliki darah Indonesia.

Isu naturalisasi memang menerpa sepak bola Indonesia. Dimana dikabarkan PSSI akan menaturalisasi lima pemain muda asal Brasil.

Langkah ini dilakukan sebagai persiapan Indonesia tampil di Piala Dunia U-20 2021. Bahkan kelima pemain muda asal Brasil tersebut sudah berada di Indonesia dan tengah menjajal di tiga klub Liga 1, Arema FC, Persija Jakarta, dan Madura United.

Terkait hal tersebu, Shin Tae-yong pun angkat bicara. Baginya naturalisasi pemain asal Brasil tidak pernah ada dalam pikirannya.

"Untuk itu (naturalisasi) tidak ada dalam pemikiran sama sekali," ucap Shin Tae-yong.

"Yang tidak ada darah Indonesia, atau yang dari Brasil untuk itu tidak ada," tegas Shin Tae-yong.

Namun meski begitu, pelatih asal Korea Selatan tidak menampik masih mencari pemain keturunan Indonesia yang berada di luar negeri. Baginya ia memang memantau pemain yang memiliki garis keturunan darah Indonesia.

"Saya memang mencari pemain berdarah Indonesia di luar negeri agar kita berada satu tingkat di atas lagi," tukas Shin Tae-yong.

Sejauh ini Shin Tae-yong sudah memantau dua pemain keturunan Indonesia. Mereka antara lain Elkan Baggott dan Jack Brown.