Bursa Transfer

Real Madrid Sudah ‘Kaya Raya’, tapi Gareth Bale Masih Jadi Benalu

Senin, 31 Agustus 2020 11:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Quality Sport Images/Getty Images
Gareth Bale tetap tersenyum meski tidak berandil dalam pertandingan kemenangan Real Madrid. Copyright: © Quality Sport Images/Getty Images
Gareth Bale tetap tersenyum meski tidak berandil dalam pertandingan kemenangan Real Madrid.

INDOSPORT.COM- Real Madrid telah menjual beberapa pemain di musim panas ini untuk menambal kerugian finansial selama masa pandemi virus corona. Namun, masalah transfer Gareh Bale masih jadi batu sandungan.

Dilansir dari outlet olahraga Spanyol, Marca, Real Madrid berhasil mengumupulkan total 64,5 juta euro (sekitar Rp1,1 triliun) dengan menjual setengah lusin skuat ke klub lain.

Penjualan Oscar Rodriguez ke Sevilla dengan nilai transfer 13,5 juta euro (Rp23 miliar) menjadi transaksi teranyar untuk menambah pundi-pundi uang klub ibukota Spanyol.

Sebelumnya, Madrid juga sudah menjual Achraf Hakimi sebesar 40 juta euro (Rp693 miliar) ke Inter Milan jadi tambahan dana terbesar untuk klub. Selain itu, klub juga merelakan beberapa pemain menjalani masa pinjaman ke klub lain.

Javi Sanchez dipinjam ke Real Valladolid dengan nilai 3,5 juta euro (Rp60 miliar), ada juga Dani Gomez dan Jorge de Frutos yang diboyong ke Levante seharga Rp5 juta euro (Rp86 miliar), serta Lionel Messi-nya Jepang, Takefusa Kubo, yang dikirim ke Villarreal senilai 2,5 juta euro (Rp43 miliar).

Penjualan sejumlah pemain itu sebenarnya sudah melampui target 60 juta euro yang ditetapkan klub yang ingin mengurangi pemain menjadi 23 orang saja. Namun, Madrid masih berharap bisa melepas James Rodriguez dan Gareth Bale.

Real Madrid sejatinya cukup lega karena James Rodriguez sudah hampir pindah ke Everton, namun masih saja kesulitan mendepak Gareth Bale yang mengantongi gaji 17 juta euro (Rp294 miliar) per musim ini.

Sejauh ini, hampir tidak ada klub yang mau membeli Gareth Bale mengingat gajinya terlalu tinggi, belum lagi kesulitan finansial yang dialami di hampir semua klub Eropa akibat pandemi. Di sisi lain, Bale juga menolak hengkang sampai kontraknya habis. 

Jika Madrid berhasil menjual Rodriguez dan Bale pada musim panas ini, klub bisa menghemat banyak uang setidaknya 42 juta euro per tahun, atau 15 persen dari total gaji untuk skuat tim utama.

Terlepas dari upaya Madrid mendepak Rodriguez dan Bale, klub masih berharap bisa mendapatkan uang dari penjualan pemain lainnya, seperti Sergio Reguilon, Borja Mayoral, Alberto Soro, Dani Ceballos, Alvaro Odriozola, Jesus Vallejo, dan Brahim Diaz.