Liga Spanyol

Resmi! Ivan Rakitic Tinggalkan Barcelona dan Gabung Klub Rival

Selasa, 1 September 2020 21:05 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Pemain sepak bola Barcelona, Ivan Rakitic, resmi meninggalkan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, untuk gabung ke klub rival, yaitu Sevilla, di bursa transfer. Copyright: © Getty Images
Pemain sepak bola Barcelona, Ivan Rakitic, resmi meninggalkan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, untuk gabung ke klub rival, yaitu Sevilla, di bursa transfer.

INDOSPORT.COM - Pemain sepak bola Barcelona, Ivan Rakitic, resmi meninggalkan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, untuk gabung ke klub rival, yaitu Sevilla, di bursa transfer 2020.

Berdasarkan unggahan di akun Twitter resmi mereka, Barcelona telah mengucapkan selamat tinggal kepada Ivan Rakitic. Mereka sukses menjalin kesepakatan dengan Sevilla seharga 1,5 juta euro plus 9 juta euro dengan total 10,5 juta euro (Rp207 miliar).

Sevilla sendiri selama ini memang mengincar Rakitic yang menjadi salah satu korban kedatangan pelatih baru Barcelona, Ronald Koeman. Koeman dikabarkan tak akan mengandalkan Rakitic, Arturo Vidal, dan Luis Suarez untuk musim depan.

Setelah melakukan negosiasi singkat, Barcelona resmi melepas gelandang asal Kroasia itu ke Sevilla pada Selasa (01/09/20) waktu setempat untuk kontrak sampai empat tahun. Ini juga berarti Inter Milan dan Juventus yang pernah mengincarnya, jadi gigit jari.

Ivan Rakitic sendiri telah memperkuat Barcelona sejak 2014 yang lalu. Pemain berusia 32 tahun itu telah banyak berkontribusi terhadap titel yang didapat Blaugrana, seperti juara LaLiga Spanyol (empat kali), juara Liga Champions (satu kali), dan lain-lain.

Alasan lain yang membuat Rakitic bersedia menerima pinangan Sevilla adalah karena ia merupakan mantan pemain dari klub yang berjuluk Los Palanganas itu. Sebelum bergabung Barcelona, Rakitic telah membela Sevilla selama tiga musim, yaitu 2011-2014.

Bersama Barcelona, Ivan Rakitic sukses mencetak 35 gol dan menyumbang 42 assists serta 39 kartu kuning dari total 310 pertandingan yang ia jalani di semua kompetisi.