Bursa Transfer

Saga Transfer Lionel Messi Bisa Pengaruhi Rencana Belanja Arsenal

Kamis, 3 September 2020 14:40 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Berlarutnya saga transfer Lionel Messi yang ingin meninggalkan Barcelona di bursa transfer ini bisa mengganggu rencana Arsenal mendatangkan Philippe Coutinho.

Nama megabintang sepak bola Lionel Messi menjadi perbincangan panas selama beberapa waktu terakhir ini. Pasalnya, penyerang asal Argentina itu secara mengejutkan menyatakan ingin meninggalkan Barcelona yang telah dibelanya selama 16 tahun.

Menariknya, saga ini rupanya tidak hanya memengaruhi klub-klub papan atas Eropa yang meminati Messi. Kejelasan tentang masa depan sang megabintang rupanya juga memberikan dampak kepada rencana belanja klub yang bahkan tidak meminati dirinya, yaitu Arsenal.

Pasalnya, dilansir Football London, upaya The Gunners untuk memboyong gelandang serang Philippe Coutinho dari Camp Nou di bursa transfer musim panas ini, sekarang bergantung pada masa depan Messi.

Seperti diketahui, Coutinho ingin meninggalkan Barcelona setelah gagal menembus skuat utama sejak didatangkan dari Liverpool pada Januari 2018 lalu. Ia bahkan akhirnya dipinjamkan ke raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen, pada awal musim 2019/2020.

Barcelona sendiri awalnya juga dikabarkan siap melepas Philippe Coutinho, dengan Arsenal sebagai peminat utama. Meski harga jualnya sudah menurun, tapi kepergian sang gelandang bisa mendatangkan uang tunai dan melonggarkan beban gaji.

Namun, ancaman kepergian Lionel Messi membuat pelatih anyar Ronald Koeman enggan memberikan kepastian terkait masa depan Coutinho. Apalagi, pelatih asal Belanda itu sudah lebih dulu mempersilakan Luis Suarez dan Arturo Vidal untuk angkat kaki dari Camp Nou.

Meski telah menyatakan tidak lagi membutuhkan jasa Suarez dan Vidal, namun kepergian kedua pemain itu, ditambah hengkangnya Messi dan Coutinho, tentu akan mengurangi secara drastis kekuatan lini serang Barcelona.

Di sisi lain, Arsenal sendiri memang membutuhkan sosok gelandang kreatif untuk lini tengah mereka. Keberadaan Mikel Arteta sebagai pelatih muda yang sukses membangkitkan tim, serta fakta bahwa mereka bermain di Liga Inggris menjadi faktor yang membuat Coutinho tertarik untuk bergabung.

Namun, kini The Gunners harus lebih dulu menunggu kejelasan babak akhir saga Lionel Messi, sebelum melanjutkan rencana mereka untuk memboyong Philippe Coutinho.  Jika Messi bertahan, maka peluang Arsenal mendatangkan Coutinho terbuka lebar, jika tidak, maka mereka harus melupakan rencana itu.