Liga Spanyol

Bukan Bartomeu, Lionel Messi Batal Tinggalkan Barcelona karena Ini

Minggu, 6 September 2020 18:15 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Pool/GettyImages
Lionel Messi gagal tinggalkan raksasa LaLiga Spanyol Barcelona karena ayah sekaligus agensinya, Jorge Messi yang harus berhadapan dengan Josep Maria Bartomeu. Copyright: © Pool/GettyImages
Lionel Messi gagal tinggalkan raksasa LaLiga Spanyol Barcelona karena ayah sekaligus agensinya, Jorge Messi yang harus berhadapan dengan Josep Maria Bartomeu.

INDOSPORT.COM - Lionel Messi batal meninggalkan Barcelona yang sudah dia bela selama 16 musim LaLiga Spanyol. Bukan karena sang presiden, Josep Maria Bartomeu, biang kerok sejatinya ternyata ialah orang terdekat sang bintang.

Tekad bulat dari pemain berkebangsaan Argentina itu cukup berdasar, Barcelona yang sekarang tak lagi bisa memiliki kesempatan juara usai buruknya manajemen Bartomeu. Ya, Messi menganggap orang nomor satu klub itu menjadi penyebab terulangnya mimpi buruk nirgelar semusim layaknya saat ditukangi Frank Rijkaard.

Melalui pesan burofax, La Pulga pun meminta hak istimewa untuk menjadi free agent sebagaimana tertulis pada kontraknya. Sudah lakukan kontak dengan Manchester City selaku klub barunya, ia malah batal untuk angkat kaki karena dalih harus menebus klausal rilis senilai 700 juta euro (Rp12 triliun).

Menurut Hugo Sanchez selaku legenda Real Madrid dan Timnas Meksiko, kegagalan Messi untuk pergi dari Camp Nou ternyata gara-gara Jorge Messi yang dikenal juga sebagai ayah sekaligus agensi si pemain. Pasalnya, kepergian dari sang bintang itu bisa terlaksana jika bukan karena saran buruk dari orang dekatnya.

"Pengiriman burofax hanya memperkuat imej presiden Barcelona dan memberikan waktu untuk melemahkan keputusan Messi. Ia tak punya pilihan untuk menetap sekali lagi di Barcelona karena saran yang fatal dari ayah sekaligus firma hukumnya sehingga membuat citranya kian buruk di dalam tim," ucap Sanchez dilansir Mirror.

"Secara kebetulan, Messi juga memiliki pengacara yang pernah bekerja dengan Barcelona, tapi konflik terkait tujuan membuat Catalan mengubah strategi. Jika ia dan ayahnya membuat keputusan tinggalkan Barca, maka sebaiknya tak usah menunggu hingga transfer gratis dikabulkan," tambahnya.

Seperti kata Sanchez, Jorge Messi pada akhirnya menjadi aktor kunci ketika diundang untuk bertemu secara langsung dengan Bartomeu. Lewat pembicaraan langsung di markas klub, sang ayah seolah tak bisa menang lawan klub dan malah membuat Si Kutu putus asa untuk urungkan kepergiannya.

Selepas gagal tinggalkan Azulgrana, pemain yang juga dipercaya sebagai kapten ini bahkan mengucapkan betapa bencinya ia terhadap Bartomeu yang tak memegang kata-katanya. Seperti diketahui sebelumnya sang presiden menjanjikan hak istimewa untuk pergi layaknya Xavi dan Andres Iniesta.

Tak heran karena hasutan Bartomeu yang mengenai agen sekaligus ayahnya membuat sang bintang hanya bisa pasrah kepergiannya dari Barcelona tetahan setahun lagi. Kini Messi pun kian tak bahagia usai Ronald Koeman menyisihkan teman-temannya jelang LaLiga Spanyol 2020-2021.